Ahad 03 Jan 2016 06:11 WIB

Makan Sampai Habis di Rumah dan Restoran Agar Tubuh Tetap Sehat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Wanita Asia sedang makan nasi.
Foto: corbis
Wanita Asia sedang makan nasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan adalah satu rahasia kesehatan luar biasa. Tubuh tidak bisa sehat tanpa bahan bakar energi yang tepat.

Jika Anda hanya mengonsumsi makanan olahan atau makanan dalam kemasan, tubuh Anda akan lesu dan tak bersemangat secara fisik dan emosional.

Jika Anda makan makanan utuh, segar, dan padat nutrisi, maka tubuh, kulit, dan jiwa Anda akan energik. Ada cara sederhana membuat pilihan makanan yang bijaksana, khususnya memakan makanan di piring Anda sampai habis, khususnya di restoran dan rumah, dilansir dari Livestrong, belum lama ini.

Pertama, ketika memesan makanan, langsung saja ke hidangan ikan, ayam, atau sayuran. Mintalah porsi ganda sayuran ketimbang memakan nasi. Jika Anda memerlukan karbohidrat, maka pilih karbohidrat kompleks, seperti beras merah.

Kedua, ambil saus atau mentega secukupnya di piring Anda sehingga Anda tak memerlukan saus tambahan sama sekali. Selera makan Anda akan terbiasa dengan rasa alami dari makanan yang terhidang.

Ketiga, jika Anda memesan salad, mintalah supaya salad tersebut dibuat secara sederhana, tidak memuat bahan macam-macam. Keempat, cobalah membawa kudapan ringan sendiri ketimbang membelinya di restoran. Kudapan di restoran biasanya megandung kalori dan gula berlebih.

Ketika memutuskan membuat makanan di rumah, Anda bisa menyaiapkan hidangan yang variatif. Ini akan membuat porsi makanan Anda lebih teratur, sesuai dengan kebutuhan perut Anda.

Tips pertama, jika Anda makan roti putih dan pasta putih, cobalah mengambil bahan gandum. Jika Anda memang sudah terbiasa makan roti gandum, cobalah yang gluten free pasta, atau roti bagel. Beralih ke pasta jagung atau pasta beras lebih baik ketimbang karbohidrat.

Kedua, jika Anda membuat mie zucchini nonpasta, gunakan daun collard untuk membungkus sandwich. Ini mungkin terdengar membosankan, namun bebas bahan kimia dan gula. Setelah Anda terbiasa, Anda akan menemukan kelezatan di setiap rasa alami makanan.

Ketiga, pastikan mengisi piring Anda dengan banyak buah segar dan sayuran. Menghabiskan sebagian waktu di pusat perbelanjaan untuk membeli buah dan sayuran lebih baik. Anda bisa mengolah buah dan sayuran itu menjadi berbagai bentuk, mulai dari smoothie, dimakan sebagai lalapan, atau jus. Pilihlah buah beraneka warna dan sayuran berdaun hijau.

(Baca juga: Ingin Tubuh Selalu Sehat, Coba Makanan Ini)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement