Jumat 01 Jan 2016 00:05 WIB

Lima Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Dunia

Rep: C01/ Red: Winda Destiana Putri
Tahun baru
Foto: Antara
Tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, Pergantian tahun biasanya dirayakan dengan meniup terompet, menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga hingga menghadiri festival musik dan konser.

Akan tetapi, beberapa wilayah di dunia ternyata memiliki kebiasaan yang tak biasa dalam menyambut tahun baru.

"Beruang" Menari di Rumania

Menyambut tahun baru, warga Rumania memiliki sebuah perayaan unik. Dengan mengenakan rumbai-rumbai berwarna merah dan kostum dari kulit beruang, warga Rumania membuat satu festival menari yang terasa cukup menyeramkan. Berdasarkan informasi, dulu festival tradisional ini sempat melibatkan beruang sungguhan.

 

Possum Drop

Di bagian barat pegunungan North Carolina terdapat sebuah wilayah kecil yang dikenal dengan nama Brasstown. Di Brasstown terdapat sebuah toko lokal milik Clay Logan yang dinamai Clay's Corner. Setiap malam pergantian tahun, Clay's Corner ,enyelenggarakan sebuah perayaan yang berisikan pertunjukan musik, kembang api hingga penurunan seekor possum, sejenis tupai, yang masih hidup dan diletakan dalam sebuah wadah tembus pandang. Possum yang telah menyentuh tanah menandakan tahun baru telah tiba. Usai pertunjukkan, possum kembali dibebaskan ke alam liar dalam keadaan hidup.

Makan Anggur dengan Pakaian Dalam Berwarna Merah

Spanyol memiliki tradisi unikdalam merayakan tahun baru. Pada malam tahun baru, warga spanyol biasanya mengenakan pakaian dalam berwarna merah di balik pakaian yang mereka kenakan. Tak hanya itu, saat jam menunjukkan pukul 12 malam, warga Spanyol kerap merayakannya dengan memakan 12 butir anggur. Tiap butir anggur harus dikunyah dan ditelan sebelum bel ke-12 berdentang.

Menaruh Krim Kocok di Lantai

Switzerland juga memiliki kebiasaan unik dalam merayakan tahun baru. Para warga Switzerland memiliki tradisi untuk memakan krim kocok atau whipped cream dan melepehnya sebagian ke lantai. Rasa manis dari krim kocok terssbut diharapkan dapat bertahan selama mungkin di lantai untuk menjaga 'kelimpahan' di tahun baru.

Pijakan Pertama

Tradisi Pijakan Pertama atau First Footing berasal dari bagian utara Inggris dan Skotlandia. Tradisi ini mempercayai bahwa tamu pertama yang memijakkan kaki di sebuah rumah akan mempengaruhi kualitas keberuntungan si pemilik rumah nantinya.

Sumber: http://io9.gizmodo.com/5-unusual-new-years-eve-traditions-and-superstitions-1750382908

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement