Senin 21 Dec 2015 09:36 WIB

Tiga Cara Pulihkan Diri dari Fatigue

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Memanjakan diri dengan pijat bisa membantu mengurai fatigue.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Memanjakan diri dengan pijat bisa membantu mengurai fatigue.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami fatigue atau kelelahan ekstrem yang melanda mental dan fisik. Ketika berada dalam kondisi tersebut, Anda merasa tidak ingin pergi ke mana-mana atau bahkan tidak mau berbicara dengan siapa pun.

Kelelahan mental disebabkan oleh aktivitas berkepanjangan yang dilakukan bersamaan dengan tingkat stres dan emosi yang tinggi. Keadaan semacam itu sangat mungkin muncul pada orang-orang yang bekerja dalam tenggat waktu yang ketat dan untuk jangka waktu yang panjang. Mereka biasanya melaksanakan tugas-tugas yang memerlukan usaha dan perhatian secara terus menerus.

Fatigue alias tepar tidak hanya memengaruhi efektivitas seseorang dalam mengambil keputusan. Tetapi juga dapat menurunkan kinerjanya secara drastis.

Psiko-terapis asal India, Salma Prabhu mengatakan, istirahat singkat tidak akan membantu memulihkan Anda dari fatigue. Untuk itu, diperlukan sejumlah tips agar kondisi mental dan fisik Anda kembali ‘segar’ seperti sedia kala. Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti dikutip laman The Times of India.

Luangkan waktu untuk memanjakan diri

Setelah bekerja dalam waktu cukup lama, Anda perlu menyediakan waktu khusus untuk memanjakan diri. Bisa saja sekali dalam sepekan atau dua kali dalam sebulan. Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mendapatkan pijatan untuk mengendurkan kembali otot-otot yang kaku, hingga mendengarkan musik yang menenangkan di rumah.

Selain itu, mengunyah makanan ringan dan pergi berjalan-jalan juga dapat melancarkan sirkulasi darah Anda. Anda juga perlu waktu sehari penuh dalam sepekan menjauhkan diri dari semua panggilan telepon tidak yang penting yang mungkin dapat menganggu waktu bersantai Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement