Jumat 18 Dec 2015 14:25 WIB

Intip Kerennnya 'Gunung Buku' Antiapi di Belanda

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mountain Book di Belanda
Foto: amusing planet
Mountain Book di Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, SPIJKENISSE -- Tak jauh dari Pelabuhan Rotterdam, tepatnya di Spijkenisse, berdiri sebuah perpustakaan umum yang cukup besar. Dengan bentuk seperti piramida, perpustakaan Book Mountain ini terlihat menonjol di kawasan alun-alun pasar kota.

Perpustakaan Book Mountain menjulang di tengah kota dengan total lima tingkat bangunan. Tiap rak buku pada Perpustakaan Book Mountain terhubung dengan tangga sepanjang 480 meter serta jalur berjalan dan teras indoor. Semakin ke atas, ruas rak menjadi semakin lebih kecil menyerupai bentuk piramida. Kemudian tiap lantai dan rak yang saling terhubung ini memiliki puncak tumpul yang berfungsi sebagai ruang baca.

Perpustakaan Book Mountain ini tertutup dan terlindungi oleh bangunan tembus pandang yang juga menyerupai piramida. Pasalnya, bagian luar yang melindungi perpustakaan ini sepenuhnya merupakan kaca tembus pandang.

Pemandangan Book Mountain menjadi terlihat lebih menarik ketika cahaya lampu dalam perpustakaan berpendar ke luar melalui susunan kaca-kaca berbentuk piramida yang menyelimuti seluruh bagian bangunan perpustakaan. Pemandangan indah tersebut seakan mengundang siapa pun yang melihat untuk masuk dan membaca buku di perpustakaan yang telah beroperasi sejak 2012 lalu.

Selain berfungsi sebagai perpustakaan, bagian bawah gedung Book Mountain juga memiliki berbagai ruang yang dapat dimanfaatkan sebagai pusat pendidikan di bagian bawah gedungnya yang kotak. Beberapa di antaranya ialah klub catur, ruang auditorium serta ruang pertemuan. Selain itu, teras perpustakaan juga dapat menghemat energi listrik dengan memanfaatkan cahaya matahari yang masuk menembus susunan kaca yang melindungi perpustakaan di siang hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement