Sabtu 12 Dec 2015 21:40 WIB

Bedanya Barber Shop dari Tempat Cukur Biasa

Rep: C19/ Red: Yudha Manggala P Putra
Barber Shop. Ilustrasi
Foto: oldbarbershop.com
Barber Shop. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewasa ini, kehadiran barber shop atau bisa disebut salonnya para pria di Indonesia kian menjamur. Barber Shop menjadi pilihan kerena dinilai beda dengan tempat cukur rambut pria konvensional. Salah duanya adalah layanannya disebut lebih lengkap dan modern.

Nick 'The Barbership', perwakilan dari Indonesia Barbershop Association (IBA) mengatakan pria bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk memanjakan diri di barber shop. Selain menawarkan potong rambut, barber shop memang kerap menyediakan segudang layanan demi memanjakan para pria, mulai dari tata rambut sampai servis pijat.

"Kalau cukuran bisa 30 menit, maka jika ditambah layanan lain, pria bisa menghabiskan waktu sejaman lebih, sekarang pria sudah lebih sadar akan grooming atau kebersihan dan tata rambut mereka," kata Nick dalam Kompetisi Barbershop Gatsby di Jakarta, Sabtu (12/12).

Biasanya, barber shop menawarkan harga layanan berkisar puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Para pria juga memiliki selera berbeda-beda soal layanan di barber shop. Ada pria yang suka barber shop bergaya klasik, minimalis, modern dan lainnya.

Adapun 'nyawa' atau 'ruh'-nya barber shop, tambah Nick, ialah kursi khas barber maupun kelengkapan alat guna menunjang layanan terbaik.

"Selain barber shop beda dengan tempat cukur biasa, beda juga dengan salon. Di mana-mana, di dunia nggak ada salon yang menyediakan facial hair (cukur jambang). Layanan itu hanya ada di barber shop," kata Nick menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement