Sabtu 05 Dec 2015 06:02 WIB

Terungkap! Ternyata Pramugari Juga Dilatih Cara Mengalahkan Hiu

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pramugari menyajikan makanan. Ilustrasi
Foto: .
Pramugari menyajikan makanan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini kita hanya tahu bahwa pramugari bertugas melayani berbagai kebutuhan penumpang saat di pesawat. Namun ternyata profesi yang satu ini memiliki tugas lebih dari itu.

Pramugari tidak hanya dilatih untuk dapat menangani situasi akibat turbulensi ataupun yang berhubungan dengan cuaca. Namun pramugari diharuskan mampu menangani tugas lainnya yang bisa dikatakan aneh. Mereka dilatih untuk bertahan hidup di padang pasir hingga membantu penumpang melahirkan.

Mantan pramugari Virgin Atlantic, Mandy Smith mengatakan mereka diajari menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan situasi darurat yang kemungkinan terjadi di pesawat, kapanpun, dimanapun, dan apapun itu.

"Dalam pelatihan, kita diajarkan untuk menangani segala sesuatu dari ketidakberdayaan awak kabin lain, memadamkan kebakaran, hingga pertolongan medis darurat untuk prosedur evakuasi," kata Mandy, yang dikutip dari laman dailymail.

Selain itu, pramugari juga diajarkan bagaimana mengidentifikasi teroris. Bahkan, pramugari diajari untuk menahan orang yang berpotensi membahayakan pesawat."Awak kabin diajari oleh mantan instruktur SAS (pasukan khusus) bagaimana mencegah dan menahan individu yang menimbulkan ancaman bagi keselamatan pesawat dan menangani penumpang nakal atau mabuk," tambah Mandy.

Wanita yang pernah menjalani profesi pramugari selama 12 tahun ini juga mengatakan bahwa pramugari diajari teknik bertahan dalam situasi yang sulit seperti mendarat di gurun, laut, kutub dan hutan.

Bahkan pramugari juga diajarkan cara menangani hiu. "Kecelakaan pesawat yang akhirnya terjerumus ke lautan sering terjadi. Sehingga memungkinkan bertemu dengan monster laut tersebut, jadi lebih baik mempersiapkannya. Kami diajarkan untuk mempertahankan diri dengan menyerang titik lemah mereka, yaitu hidung dan mata," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement