Kamis 19 Nov 2015 00:12 WIB

Pascatragedi Paris, Wisatawan Harus Lakukan Ini di Situasi Berbahaya

Penjagaan di Paris pascateror diperketat.
Foto: Reuters
Penjagaan di Paris pascateror diperketat.

REPUBLIKA.CO.ID, Berkaca dari tragedi serangan teror di beberapa area publik yang ada di Paris, membuat Anda harus selalu waspada dimanapun berada. Terutama ketika Anda berada di negeri orang untuk pelesiran.

Prancis memiliki kunjungan wisatawan asing tertinggi di dunia, khususnya Paris. Kota Romantis ini menurut beberapa media asing menyatakan tidak kurang dari 32 juta wisatawan mendatangi kota Paris pada tahun 2014.

Tak heran, Paris dijadikan sasaran empuk terorisme karena dikunjungi banyak wisatawan setiap tahunnya. Untuk mengantisipasi dimanapun Anda berada, terlebih ketika berada di luar negeri, berikut panduan keselamatan yang berhasil dikumpulkan oleh Yahoo Kamis (19/11).

Cari tempat aman

Berada di situasi genting membuat Anda tidak bisa berfikir panjang. Anda harus selalu waspada, sigap dan cepat menemukan tempat yang aman untuk melindungi diri. Usahakan berada di sekitar perumahan penduduk lokal, minta bantuan mereka untuk menampung Anda sementara sampai keadaan aman.

Bawa uang tunai

Tak ada salahnya selalu membawa uang tunai. Dalam keadaan sulit dan terdesak, mencari ATM menjadi hal paling sulit dilakukan.

(Baca juga: Ingin Aman dan Nyaman Saat Berada di Pantai, Ini Tipsnya)

Komunikasi

Gunakan selalu media sosial atau email untuk memberi kabar kepada orang terdekat dan keluarga di Tanah Air. Jika keadaan benar-benar sulit, jangan lupa minta bantuan juga kepada mereka.

Kontak kedutaan besar

Jangan lupa untuk selalu mengetahui dimana letak kantor kedutaan besar negara asal. Kantor kedutaan dianggap sebagai tempat yang aman untuk berlindung.

Hindari kerumunan

Ada baiknya Anda hindari kerumunan saat keadaan benar-benar memanas. Pasalnya bila keadaan semakin parah, akan terjadi kepanikan, dan bukan tidak mungkin suasana menjadi chaos, banyak yang terdorong atau bahkan terinjak-injak.

(Baca juga: Tips Pelesiran Bersama Pasangan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement