REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah perusahaan kosmetik asal New York, Amerika Serikat, yakni Duri Cosmetics, mengeluarkan produk cat kuku terbarunya dengan warna biru, putih, dan merah. Tiga warna tersebut diadopsi Duri dari warna bendera Prancis, yang tengah terguncang setelah diserang sekelompok teroris.
Duri mengajak para pelanggannya untuk membeli produk terbaru tersebut, lantas dipoleskan pada kuku sebagai penanda solidaritas dan bela sungkawa pada warga Prancis. Masing-masing warna pun telah diberi nama, yaitu Baton Rouge (biru), I Do (putih), dan Paris Tango (merah).
Namun, sayangnya, terobosan yang dilakukan Duri Cosmetics itu tak disambut cukup positif. Apalagi, hasil penjualan produk cat kuku terbaru tersebut, tak akan disumbangkan pada warga Prancis.
Hal itu memang diakui oleh Juru Bicara Duri Cosmetics. "Sayangnya mereka (Duri Cosmetics) memang kesulitan mendapatkan program donasi dengan itu," ujarnya, seperti dilansir News.com.au.
(baca: Museum Louvre Paris Kembali Dibuka)
Seorang praktisi senior ilmu hubungan masyarakat di sana, yaitu Rob DeRocker, mengaku terkejut dengan cara Duri Cosmetics mengkampanyekan solidaritas terhadap warga Prancis. Menurutnya, hal itu hanya berlandaskan kepentingan bisnis semata.
"Seolah-olah McDonald's (restoran cepat saji) yang mencoba menjual lebih banyak kentang goreng," kata Rob menyindir Duri Cosmetics.