Rabu 11 Nov 2015 08:01 WIB

Wow, Ada Barbie Berseragam Pramugari di Bundaran HI

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Mengenakan seragam awak kabin terbaru Qantas, Barbie akan mengunjungi beberapa tempat ikonik antara lain Bundaran Hotel Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa serta Museum Fatahillah.
Foto: dok qantas
Mengenakan seragam awak kabin terbaru Qantas, Barbie akan mengunjungi beberapa tempat ikonik antara lain Bundaran Hotel Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa serta Museum Fatahillah.

REPUBLIKA.CO.ID, Qantas, maskapai penerbangan nasional Australia merekrut pasangan boneka, Barbie dan Ken. Sebagai apa? Mereka hendak digunakan untuk memperagakan seragam awak kabin Qantas dari berbagai dekade.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Qantas ke 95 tahun. Ada sebanyak 44 koleksi boneka Barbie serta Ken yang mengenakan seragam Qantas. Mereka  menunjukkan perubahan mode dari waktu ke waktu.

Berawal sejak tahun 1920, saat Qantas menggunakan pesawat dengan ruang kokpit terbuka dimana pilot Qantas harus mengenakan kacamata terbang dan pakaian berbahan kulit untuk menahan dingin. Hingga era munculnya tulisan flamboyan “air hostess” pada seragam di tahun 1970.

(baca: Mengintip Premium Class Maskapai dengan Tiket Ratusan Juta Rupiah)

Koleksi ini merupakan hasil karya penuh dedikasi dari almarhum John Willmott–Potts, mantan awak kabin maskapai Qantas yang mengumpulkan koleksi seragam sepanjang 22 tahun lalu. Dia juga memasangkannya pada boneka Barbie dan Ken berdasarkan periode era tertentu. Sayangnya Willmott-Potts meninggal pada tahun 2010. Lalu koleksinya ini didonasikan pada Museum of Applied Arts and Sciences di Sydney, Australia.

Kemudian, Qantas meminta desainer Paris kelahiran Australia, Martin Grant untuk menciptakan versi mini seragam Qantas teranyar yang baru diluncurkan tahun lalu. Tentu saja ini untuk melengkapi koleksi seragam Willmott-Potts. Rencananya, perusahaan penerbangan ini akan memberikan koleksi terbaru ini ke Museum of Applied Arts and Sciences untuk ditambahkan pada koleksi mereka, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Setelah memamerkan 44 koleksi boneka selama empat minggu di Sydney Qantas Club. Boneka Qantas Barbie akan melakukan tur keliling dunia untuk mengunjungi kota tujuan utama Qantas, termasuk Jakarta, Indonesia.

Dengan mengenakan seragam awak kabin terbaru Qantas, Barbie akan mengunjungi beberapa tempat ikonik antara lain Bundaran Hotel Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa serta Museum Fatahillah. Ikuti perjalanan Qantas Barbie melalui sosial media pada tagar #QantasBarbie di Facebook dan Instagram resmi Qantas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement