Kamis 15 Oct 2015 04:20 WIB

Di Skotlandia, Ada Pelangi tak Berwarna

Rep: C36/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pelangi kabut (Fogbow) di Skotlandia.
Foto: Metro.co.uk (Picture: Richard Toulson)
Pelangi kabut (Fogbow) di Skotlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURG -- Fenomena unik fogbow (pelangi kabut) terjadi di Dumfries,  Collochan, Skotlandia, Rabu (14/10).

Penampakan pelangi tak berwarna tersebut berhasil diabadikan oleh warga  setempat. Dilansir dari metro.co.uk, Kamis (15/10), kejadian langka itu disaksikan oleh seorang warga Skotlandia, Richard Toulson, 53. Dia melihat fogbow saat sedang berjalan-jalan dengan anjing peliharaannya di lembah Collochan.

"Setelah turun ke lembah, aku melihat pelangi aneh. Meski memiliki bentuk seperti pelangi, tetapi warnanya putih. Tidak ada warna lain yang terlihat selain warna putih," jelas Richard.

Dia mengaku belum pernah melihat fogbow sebelumnya. Karena itu, dirinya sempat merasa ketakutan. Fogbow merupakan fenomena alam yang kenampakannya mirip dengan pelangi.

Fenomena ini terbentuk dari tetesan air yang sangat kecil, lebih kecil dari 0,05 milimeter. Sebagian kecil tetesan air dan celah cahaya matahari terkumpul dan membentuk lingkaran besar yang berlawanan dengan sinar matahari. Akibatnya, pantulan cahaya yang dihasilkan hanya berwarna seperti kabut.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement