Selasa 13 Oct 2015 07:41 WIB

Davina Dukung Restorasi dan Konservasi Hutan Mangrove

CEO Garda Satwa Indonesia Davina Veronica menghadiri konferensi pers di Jakarta, rabu (30/9).
Foto: Republika/ Wihdan
CEO Garda Satwa Indonesia Davina Veronica menghadiri konferensi pers di Jakarta, rabu (30/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan hutan mangrove sangat penting karena memiliki dampak positif yang besar. Diantaranya sebagai penahan abrasi yang sangat penting bagi lingkungan.

Karena itu, model dan pemain sinetron yang kini ditunjuk menjadi Duta Lingkungan Hidup, Davina Veronica mendukung penuh berbagai program restorasi dan konservasi hutan mangrove.

Salah satunya program Sustainable Trade Initive (IDH) yang dijalankan bersama antara WWF Indonesia, PT Bina Silva Nusa (BSN), PT Kandelia Alam (KLIA), PT Ekosistem Khatulistiwa Lestari (EKL) dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Ini langkah yang sangat bagus. Program ini telah dijalankan sejak bulan Juli 2015 lalu. Kita berharap dapat segera tuntas di bulan Juli 2018," ujar Davina.  

Menurutnya mangrove adalah sebuah ekosistem unik daerah pesisir yang sangat penting untuk lingkungan. Diantaranya sebagai penahan abrasi dan intrusi.

Mangrove juga penting sebagai penyimpan karbon dan tempat hidup bagi banyak satwa seperti Bekantan, Kera, Buaya dan lainnya. Selain itu, mangrove juga merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat lokal yang mencari ikan, kepiting dan arang.

Davina optimistis program tersebut berdampak positif untuk lingkungan secara luas, khususnya di Kalimantan Barat.

"Ini akan berdampak sangat baik untuk masyarakat sekitar dan juga lingkungan serta satwa lainnya yang ada di sekitarnya," jelas Davina.

Sementara Tony Wood, Senior Program Manager IDH-The Sustainable Trade Initiave mengatakan pentingnya Mangrove dan ekosistemnya bagi banyak pihak mendorong IDH untuk mendukung pelaksanaan restorasi dan konservasi hutan Mangrove.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement