Senin 12 Oct 2015 16:23 WIB

Ilmuwan Temukan Spesies Tikus Berhidung Babi

Rep: MgROL49/ Red: Dwi Murdaningsih
Spesies tikus berhidung babi.
Foto: Mirror
Spesies tikus berhidung babi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The hog-nosed rat atau Tikus berhidung babi telah ditemukan di Indonesia. Peneliti mengatakan spesies ini termasuk baru dan belum pernah dilihat ilmuwan. Tikus ini pertama kali ditemukan oleh tim peneliti di semenanjung terpencil Pulau Sulawesi, Indonesia.

Dinamakan tikus hidung babi  dikarenakan lubang hidung yang menghadap ke depan. Panjang tubuh tikus ini sekitar 48 cm dari kepala hingga ekor. Binatang pengerat ini digambarkan memiliki kaki belakang yang panjang, telinga menjulang dan bulu yang sangat panjang khususnya didaerah kemaluan. Para ilmuwan percaya bahwa rambut di kemaluan yang ekstra panjang tersebut mungkin akibat dari kebiasaan kawin makhluk itu. Namun, ilmuwan belum bisa memastikan hal ini.

" The hog-nosed rat ini menarik bagi kami karena memperluas keragaman kelompok dari hewan pengerat dan hanya ditemukan di pulau Sulawesi," kata Dr Kevin Rowe dari Museum Victoria seperti dikutip Mirror.

Jenis jantan dan betina memiliki rambut kemaluan yang panjang, Ini mungkin membantu dalam dalam proses reproduksi. Penemuan ini telah dipublikasikan bulan ini dalam Journal of Mammalogy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement