Selasa 22 Sep 2015 09:10 WIB

Kambing Paling Top Harganya Rp 5 Juta

Salah seekor kambing yang dijual oleh H M Nasik di Sawangan, Depok, Jawa Barat.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Salah seekor kambing yang dijual oleh H M Nasik di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sudah 45 tahun H M Nasik (75 tahun) berjualan kambing dan domba di daerah Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat.Lelaki asli Betawi itu berjualan kambing sejak usia 30 tahun. Ia berjualan sepanjang tahun, tidak hanya menjelang Idul Adha.

Nasik menyediakan kambing dan domba dengan berat bervariasi dari 25 hingga 50 kg. Harga hewan-hewan kurban itu pun bervariasi dari sekitar Rp 2 jutaan sampai Rp 4 juta. “Yang paling top, bobotnya sekitar 50 kg, saya jual Rp 5 juta,” kata Nasik, Senin (21/9).

Nasik membeli kambing dan domba dari masyarakat. Kemudian dia melakukan penggemukan dengan memberi kombinasi makanan yang sehat. Kambing dan domba tersebut tidak hanya diberi pakan rumput. “Saya memberikan pakan tambahan berupa konsentrat, ampas tahu, kulit buah-buahan, kulit jagung, dan daun-daunan,” papar Nasik.

Tak heran, kalau kambing dan domba tersebut tampak gemuk dan sehat. Apalagi Nasik juga menyiapkan kandang yang rapih dan bersih, sehingga kambing dan domba tersebut terjaga kesehatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement