Senin 21 Sep 2015 08:36 WIB

Black Mass, Bongkar Lingkaran Setan FBI

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Poster film Black Mass
Foto: Google
Poster film Black Mass

REPUBLIKA.CO.ID, Diangkat dari kisah nyata seorang pelaku kriminal yang paling dicari Federal Bureau of Investigation (FBI), kisah dalam film Black Mass menggambarkan sebuah lingkaran setan dalam tubuh badan investigasi utama dari Departemen Keadilan Amerika Serikat tersebut.

Film ini diadaptasi dari dari sebuah buku berjudul Black Mass karya Dick Lehr dan Gerard O’Neill.

James 'Whitey' Bulger yang diperankan Johnny Depp, awalnya adalah seorang penjahat jalanan biasa yang berasal dari Irlandia. Ia berkeluarga dan mempunyai seorang anak dan menetap di Boston. Bahkan, Ia termasuk tipe ayah yang sayang keluarga. Namun, suatu waktu istrinya salah memberikan obat terhadap anaknya, sehingga anaka kesyangannya pun meninggal dunia.

Dengan kematian anaknya itu, Whitey semakin mengganas. Ia membunuh, menjual narkoba, dan melakukan pemerasan. Bahkan, teman-temannya yang dianggap berkhianat di bunuh satu persatu, sehingga Ia menjadi seorang mafia ternama.

Sutradara film Scott Cooper membuat karakter Whitey dalam film ini begitu kuat, wibawa, dan banyak disegani. Selain itu ia cerdas dalam mengamati musuh-musuhnya. Pada tahun 1970-an, Whitey bebas melakukan tindak kejahatannya karena ia bekerjasama dengan teman lamanya, John Connoly (Joel Edgerton) yang bekerja di FBI. Connoly membujuknya untuk bekerja sama dengan organisasinya itu.

Tujuan dari kerjasama itu adalah untuk memburu target mereka, yakni seorang mafia asal Italia. Tetapi pada kenyataannya, kerjasama yang terjalin diantara keduanya justru lepas kendali. Whitey menjelma menjadi salah satu gangster yang paling kejam dan kuat dalam sejarah Boston, sehingga Whitey pun ditetapkan sebagai 10 orang yang paling dicari oleh FBI.

Black Mass pada dasarnya menceritakan bagaimana terbongkarnya jalinan kerjasama antara FBI dan Whitey. Selain Johnny Depp, film ini juga turut dibintangi oleh Kevin Bacon dan Benedict Cumberbatch.

Namun, sepintar-pintarnya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Dengan seiringnya waktu, salah satu agen FBI mencium gelagat kerjasama Connoly dan Whitey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement