Ahad 20 Sep 2015 06:49 WIB

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

Ibu menyusui
Foto: flickr
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, Aktivitas menyusui akan membantu Anda untuk mengurangi berat badan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa ketika menyusui, Anda membakar setidaknya 300 kalori di dalam tubuh.

Diet ketat bukanlah pilihan yang efektif selama Anda menyusui, karena dengan diet berarti mengurangi asupan makanan yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan ASI yang akan Anda berikan kepada anak.

Selama menyusui cobalah untuk diet sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan dan kualitas ASI yang akan diberikan kepada bayi Anda. Seperti dilansir di laman Boldsky Ahad (20/9) berikut tips menurunkan berat badan saat menyusui.

Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan saat menyusui adalah mengonsumsi makanan sehat secara teratur. Selain itu, gantilah menu camilan Anda dengan kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi di antara waktu makan. Dengan cara ini, dapat mengontrol rasa lapar. Sehingga berat badan Anda bisa terkontrol dengan baik.

Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Tips penting lainnya untuk menurunkan berat badan saat menyusui adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik selama olahraga. Ketika sedang olahraga, tubuh akan mengalami dehidrasi lebih dari biasanya. Oleh karena itu, cukupi asupan cairan tubuh dengan mengonsumsiair putih dan jus agar kegiatan menyusui berlangsung normal.

Diet Bergizi

Kunci kesuksesan dalam menurunkan berat badan adalah mengontrol diri sendiri. Cobalah untuk selalu menerapkan diet bergizi dan sehat. Cara ini akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hindari mengonsumsi makanan junk food dan gantilah dengan buah-buahan dan sayuran. Protein dan daging tanpa lemak dapat juga Anda tambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement