Senin 14 Sep 2015 01:01 WIB

Bersihkan Rumah dengan Sabun Kacang

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Bersihkan karpet dengan sabung kacang (ILustrasi)
Foto: Boldsky
Bersihkan karpet dengan sabung kacang (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda tahu? saat ini sabun kacang (soap nut) merupakan bahan alami yang secara efektif dapat digunakan untuk membuat rumah dan segala isinya bersih dan berkilau.

Selain cara alami ini murah meriah, cara membuatnya juga mudah untuk dilakukan. Biasanya, sabun ini hanya digunakan untuk tujuan kecantikan dengan menjadikannya sampo dalam perawatan rambut alami. Tapi, saat ini Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan seluruh bagian rumah Anda.

Seperti dilansir Boldsky, Ahad (13/9) kacang sabun ini bisa digunakan sebagai pembersih jendela rumah hingga berkilau, membersihan perhiasan, membersihkan karpet, membersihan hewan peliharaan, dan bahkan bisa digunakan untuk membersihkan mobil pribadi Anda.

Namun, sebelum melakukannya Anda harus membuatnya terlebih dahulu dengan mendidihkan 12 sampai 15 kacang di atas air sebanyak 6 gelas. Didihkan air tersebut selama satu jam dan bila memungkinkan rendamlah semalaman.

Setelah keesokan harinya, simpanlah cairan tersebut di dalam botol kaca kedap udara. Karena sabun kacang tidak mengandung pengawet yang bisa bertahan selama seminggu, maka tambahkanlah sedikit air jeruk nipis ke dalam tabung untuk membuatnya bisa bertahan lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement