Senin 31 Aug 2015 07:50 WIB

Begini Cara Mencegah Penyakit Lever

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Liver (ilustrasi)
Foto: Health
Liver (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian di Indonesia. Data WHO pada tahun 2013, sebanyak 28 juta masyarakat Indonesia terkena penyakit liver.

Banyak cara untuk mencegah penyakit ini, pencegahan yang paling mudah dilakukan datangnya dari niat sendiri agar tidakterserang penyakit mematikan ini. Sebelum terlanjur terkena penyakit liver, sebaiknya Anda melakukan pencegahan sejakdini.

Saat ditemui ROL dalam acara diskusi "Operasi Kuning" Victor Lee, salah satu spesialis penyakit liver asal Singapura menjelaskan beberapa cara untuk mencegah penyakit berbahaya ini.

"Melakukan pola hidup yang sehat seperti tidak merokok serta minum alkohol serta menghindari makanan dan minuman yang mengandung zat beracun dan berbahaya bagi fungsi hati Anda."

Ia juga menjelaskan masih banyak cara mudah untuk mencegah penyakit liver. "Selalu mencuci makanan sebelum Anda mengonsumsinya, konsultasi dengan dokter apakah gejala penyakit liver serta melakukan tes medis untuk memastikan apakah

Anda mengidap penyakit liver atau tidak."

Penyakit ini sering juga disebut sebagai pembunuh diam-diam atau silent kill karena tidak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya. Maka dari itu segera deteksi kesehatan Anda sejak dini untuk mengetahui tentang penyakit liver.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement