Jumat 28 Aug 2015 07:32 WIB

Lakukan Ini Agar Gigi Tetap Sehat

Rep: C18/ Red: Winda Destiana Putri
Senyum gigi sehat
Foto: pixabay
Senyum gigi sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Urusan kesehatan gigi dan mulut agaknya tak bisa ditunda. Sedikit saja rusak, makan atau bahkan bekerja sekalipun keungkinan akan terganggu.

Selain itu, kondisi gigi yang tak sehat juga dapat menyebabkan bau mulut. Aroma nafas tak sedap membuat Anda berpotensi dijauhi rekan disekitar.

Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang disampaikan prakstisi kesehatan gigi, drg Deasy kepada ROL belum lama ini.

Jaga kesehatan rongga mulut

 

Deasy mengatakan merawat gigi dengan menyikatnya minimal dua kali pada pagi hari dan sebelum tidur bisa membuat gigi lebih terjaga.

Konsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan gigi

Mengonsumi makanan tinggi kalsium dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C juga bisa menghindari dari gigi berlubang. Meminum tek hijau yang kaya akan polifenol juga membantu kesehatan gigi.

Hindari tembakau

Deasy mengatakan tembakau bakal membuat gigi terlihat hitam dan tka sehat. Selain itu, tembakau juga berpotensi membuat nafas tak sedap.

Kontrol rutin

Mengecek kesehatan gigi setidaknya setiap enam bulan sekali sangat dianjurkan oleh Deasy. Kondisi terkini gigi akan selalu terlihat dari kontrol yang dilakukan pasien.

Kalau melakukan langkah tersebut, terang Deasy, niscaya kerusakan pada gigi dapat dihindari. "Perawatan gigi itu memang mahal tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati," tutup dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement