Selasa 11 Aug 2015 06:55 WIB

4 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Miss v (Ilustrasi)
Foto: Prevention
Miss v (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sistem reproduksi wanita adalah sistem tubuh yag paling rentan dan dapat dengan mudah terinfeksi atau terluka.

Maka dari itu setiap wanita bertanggung jawab menjaga kesehatan reproduksinya sendiri dengan menerapkan perilaku sehat sehari-hari.

Sistem reproduksi yang sehat menjadi salah satu keharusan bagi wanita terlebih lagi mereka menginginkan kesuburan untuk dirinya. Makan, minum olahraga dan menjaga tingkat stres memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tersebut.

Berikut tips menjaga kesehatan reproduksi wanita seperti dilansir di laman Boldsky Selasa (11/8).

Menjaga berat badan

Hal ini penting untuk menjaga berat badan yang sehat ketika Anda merencanakan kehamilan. Bila memiliki berat badan yang berlebihan maka tubuh tidak menghasilkan cukup estrogen dan sistem reproduksi Anda akan terganggu.

Berhenti merokok

Merokok tidak baik bagi kesehatan, baik pria maupun wanita. Ketika Anda merokok, dapat merusak ovarium dan merusak perkembangan estrogen dalam tubuh. Hal ini dapat menimbulkan sel telur Anda akan mengalami kelainan genetik.

Seks yang aman adalah suatu keharusan

Para ahli menyatakan penyakit menular yang diakibatkan melalui seksual dapat membuat Anda tidak subur. Oleh karena itu, penting untuk melakukan seks dengan aman. Jangan berganti pasangan untuk melakukan hubungan seks, dan dianjurkan untuk menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Menjalani gaya hidup sehat

Diet sehat, olahraga teratur dan manajemen stres akan membuat sistem reproduksi tetap sehat dan sistem tubuh dalam kondisi baik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement