Senin 10 Aug 2015 08:38 WIB

Begini Cara Mahal Memanjakan Hewan Peliharaan

Memanjakan hewan peliharaan
Foto: ABCNews
Memanjakan hewan peliharaan

REPUBLIKA.CO.ID, Beragam layanan untuk memanjakan binatang kesayangan kini semakin menjadi tren di berbagai negara.

Mulai dari spa untuk anjing dan kue ulang tahun berhiaskan foto kucing kesayangan. Bahkan biaya perawatannya kadang lebih mahal daripada biaya membesarkan anak.

Para pemilik hewan peliharaan saat ini memperlakukan binatang peliharaan mereka dan mendefinisikan ulang apa artinya memanjakan satwa pendamping hidup mereka.

Inilah yang dikenal dengan istilah sikap orang tua binatang peliharaan atau "pet parenting", seiring dengan melonjaknya jumlah pemilik hewan peliharaan di kalangan kelas menengah Asia  yang memicu pengeluaran yang besar.

Menurut perusahaan riset pasar internasional, Euromonitor, penjualan global produk dan jasa yang berhubungan dengan hewan peliharaan diperkirakan telah mencapai lebih dari 100 miliar dollar AS pada tahun 2014.

Berikut adalah lima tren memanjakan hewan peliharaan di kalangan pemiliknya:

Hotel dan Spa

Dari mulai hotel hewan peliharaan hingga spa harian untuk anjing, meningkatnya jasa layanan perawatan hewan peliharaan berkelas menunjukan pemilik hewan peliharaan saat ini tidak lagi mempersoalkan banyaknya uang yang harus mereka keluarkan untuk memanjakan sahabat berkaki empat mereka.

Di Jepang, dimana jumlah hewan peliharaan melebihi jumlah anak,  para pemilik memanjakan anjing mereka dengan memberikan layanan pemijatan, treadmill dan spa di hotel hewan peliharaan kelas atas.
 
Bahkan selama berlangsungnya stagnasi ekonomi, orang-orang tetap membawa hewan peliharaan mereka ke salon hewan professional untuk didandani tanpa cela.

Toko roti khusus anjing, yang menawarkan makanan ringan dan juga kudapan buatan sendiri, merupakan cara lain yang dilakukan para pemilik untuk memanjakan hewan peliharaan mereka.

Clement Lo,pemilik waralaba Three Dog Bakery di Hongkong , mengatakan kue ulang tahun dengan hiasan potret anjing dan kucing merupakan produk yang saat ini tengah melejit dikalangan orang tua hewan peliharaan atau pet parents.

"Kita menjual banyak kue ulang tahun untuk hewan disini, kami sampai kewalahan menerima pesanan,” tegasnya.

Peneliti pasar Packaged Facts memperkirakan penjualan makanan hewan di AS mencapai $28 miliar pada tahu 2013, dimana sejumlah merek premium ternama menguasai lebih dari 40 persen dari total penjualan.

Minuman non alcohol dengan nama seperti "Char-dog-nay" dan "Bark-deaux" merupakan salah satu produk minuman bertema anjing yang juga diproduksi khusus untuk hewan peliharaan.
 
Perawatan
 
Industri hewan peliharaan Australia diperkirakan setara dengan $8 miliar per tahun, menurut laoiran Aliansi Kesehatan Hewan 2013.

Perhatian utama terhadap kesehatan hewan peliharaan telah mempopulerkan sejumlah terapi pengobatan alternatif untuk hewan peliharaan, termasuk akupuntur, pijat dan yoga.

Asuransi kesehatan binatang peliharaan juga tengah populer di AS dengan total premi mencapai 500 juta dollar per tahun, menurut data dari Asosiasi Asuransi Kesehatan Hewan Peliharaan Amerika Utara.

Busana

Jepang merupakan surga bagi hewan peliharaan yang sudah tidak diragukan lagi dengan begitu banyaknya ragam pilihan baju untuk hewan peliharaan, aksesoris dan bahkan parfum untuk memanjakan anjing.

Tersedia pakaian adi busana untuk hewan bertaring dalam beragam model mulai dari gaun berenda hingga jeans, kacamata, sepatu hingga kereta dorong khusus untuk anjing.

Produk hewan peliharaan

Makanan hewan terbaru, aksesoris dan layanan perawatan hewan peliharaan semuanya dipamerkan setiap tahunnya di Pet Fair Asia di Shanghai.

Event perdagangan ini terus mengalami peningkatan dengan stabil sejak 1997 dan menarik 650 penjual dan lebih dari 17.000 pengunjung yang tergila-gila dengan hewan peliharaan pada 2014 lalu.
 
Tahun ini event Pet Fair Asia akan digelar pada tanggal 27 Agustus dan akan diramaikan oleh agen dan penjual dari berbagai dunia untuk memamerkan produk hewan peliharaan mereka selama event yang berlangsung selama 4 hari tersebut.
 
Berdasarkan laporan Euromonitor,  pasar  perawatan hewan peliharaan di Asia Tenggara merupakan yang paling konsisten pertumbuhannya di seluruh dunia dengan prakiraan penjualan retail produk hewan peliharaan mencapai 1 miliar dollar pada tahun 2016.
 
Salah satu kawasan yang paling tinggi pertumbuhan pasar hewan peliharaannya adalah Indonesia, dimana tingkat urbanisasi dan pemilik hewan peliharaan terus menunjukan peningkatan.
 
"Di kota-kota besar seperti Jakarta, toko kebutuhan hewan peliharaan dapat ditemui disetiap pojok," tulis Euromonitor.
 
Sementara sektor perawatan hewan peliharaan di Cina diperkirakan akan terus tumbuh lebih dari 15.8 miliar yuan atau setara 2.5 miliar dollar dan akan melebihi AS sebagai pasar terbesar dunia pada tahun 2019, kata grup tersebut.
 
 

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-08-10/inilah-cara-mahal-memanjakan-hewan-peliharaan/1479594
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement