Ahad 09 Aug 2015 07:07 WIB

Ingin Kuku Kuat Seperti Rihanna? Ini Tipsnya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Perawan kuku - ilustrasi
Perawan kuku - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Penyanyi dunia Rihanna bukan hanya terkenal karena suaranya yang bagus, namun juga kukunya. Rihanna memiliki kuku panjang yang kuat.

Ahli dermatologi dari Mount Sinai Medical Center, Dr Heidi Waldrof memberikan beberapa tips beharga tentang bagaimana memperkuat dan menumbuhkan kuku yang lemah dan rapuh dalam waktu singkat. Berikut pemaparannya, dilansir dari the Fashion Spot, Ahad (9/8).

Tak perlu diet ketat

Banyak orang mengira kuku rapuh bisa diatasi dengan diet. Namun menurut Waldrof, makan sehat belum tentu memberi efek banyak ke pertumbuhan kuku karena tidak ada makanan yang bisa menguatkan kuku. Dia juga menyebutkan kuku rapuh tidak selalu bearti pemiliknya kekurangan vitamin. Jika masalahnya adalah hanya satu atau dua kuku saja yang rapuh, artinya ada jamur yang berkembang di kuku Anda.

Lembabkan kuku

Sama halnya dengan kulit, daerah sekitar kuku juga perlu dilembabkan supaya kuku tumbuh sehat. Jika Anda seorang yang hobi manikur, melembabkan kuku sangat penting sebab kuku Anda dalam kondisi dipernis. Jika kuku Anda benar-benar kering, Waldrof menyarankan untuk mengoleskan krim, seperti vaseline ke lapisan kutikula atau kulit sekitar kuku. Krim ini akan membantu meningkatkan kelembaban kuku.

Biotin adalam teman kuku

Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air. Biotin memproduksi asam lemak yang mendorong pertumbuhan rambut dan kuku. Vitamin ini bisa membantu Anda yang memiliki masalah kuku karena asalah usia, genetik, atau metabolik. Jika mengonsumsi vitamin ini justru menyebabkan Anda berjerawat, maka itu masalah lainnya itu karena Anda kurang minum. Pastikan Anda minum banyak air, sehingga fungsi vitamin ini selain merangsang pertumbuhan kuku juga mengurangi jerawat.

Manikur yang benar

Jika Anda ingin kuku sehat, maka berhati-hati saat manikur. Waldrof memperingatkan supaya melakukan manikur dengan gerakan searah, tidak bolak-balik.

Perhatikan bahan cat kuku

Bahan-bahan dalam produk cat kuku secara umum bisa melemahkan atau memperkuat kuku Anda. Jadi, carilah cat kuku berbasis keratin. Waldrof juga mengingatkan Anda untuk menghindari produk cat kuku yang mengandung amonia dan pemutih, sebab ini melemahkan cakar kebanggan Anda.

Perbaiki kuku

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada melihat kuku palsu mengelupas. Ini membuat Anda ingin melepas kuku-kuku lainnya atau memotong kuku sepenuhnya. Waldrof menyarankan Anda sebaiknya menambahkan lem kuku saja, sehingga membantu menambal kuku yang patah. Selamat mencoba!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement