Jumat 07 Aug 2015 08:37 WIB

Tips Belajar Surfing untuk Pemula

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Surfing di Sanur (Ilustrasi)
Foto: Google
Surfing di Sanur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Selain kerap menjadi pusat perhatian bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, Bali merupakan salah satu tempat terbaik untuk berselancar di dunia.

Lewat olahraga surfing, Pulau Dewata sudah banyak dikenal memiliki spot ombak yang bagus, hal itu terbukti dengan sering diadakannya kompetisi surfing se-Asia Tenggara di Bali.

Untuk dapat berselancar dengan baik tentu ada tips dan trik yang harus dilakukan, terutama bagi pemula yang ingin menikmati salah satu olahraga ekstrem ini. Berikut tips dan trik yang diberikan oleh Ripcurl Surf School.

Lakukan Pemanasan

Hal ini menjadi salah satu yang penting dalam setiap menjalankan olahraga apapun termasuk surfing. Pemanasan akan membuat otot tubuh lemas sehingga menghindari terjadinya keram terutama bagian kaki dan tangan.

Mendayung atau Padlle Out

Caranya adalah dengan mencari posisi optimal untuk melawan ombak dan memberikan kekuatan saat mendayung. Jika papan meluncur dengan mudah dan menemukan posisi yang ideal tetap pada posisi yang benar dan membuat Anda nyaman. Mulailah mendayung menggunakan lengan menggerakkan ke dalam air dengan posisi dada terangkat, tutup jari-jari dengan rapat dan gerakkan dengan kuat, namun tak perlu tergesa-gesa.

Duck Diving

Duck Diving atau gaya bebek adalah teknik untuk memungkinkan melewati ombak ketika mengayuh keluar, dengan tujuan menghindari kehilangan stamina karena terus menerus dihantam ombak.

Berdiri - Stand Up

Berdiri di papan selancar sangat mudah, Anda harus menenmpatkan papan selancar yang bergerak pada hentakan gelombang pusaran air. Ketika hendak berdiri, usahakan pandangan tetap ke depan dan jaga keseimbangan tubuh Anda.

Mengendarai Ombak

Setelah menguasai mendayung dan berdiri, saatnya untuk naik ke tingkat berikutnya, yakni mengendarai ombak. Tujuan sebenarnya para surfer manapun adalah poin pecah ombak yang akan dikendarai bergerak secara paralel dengan ombak pantai. Ada kemungkinan ombak yang besar akan menghempaskan peselancar secara acak dan indah.

Jangan Panik

Ketika jatuh ke air saat surfing usahakan Anda untuk tidak panik, karena panik di dalam air akan memperburuk keadaan. Ketika jatuh, pertama kali yang harus dilakukan adalah raih tali yang menyatu dengan papan Anda, tali ini biasanya diletakkan di kaki. Dengan menarik tali tersebut papan akan menghampiri Anda dan usahakan untuk naik ke papan secara perlahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement