Senin 03 Aug 2015 06:36 WIB

Ini Antioksidan Alami yang Baik untuk Kulit

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)
Foto: Health
Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Antioksidan penting untuk melawan kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas. Meskipun Anda sering mengonsumsi suplemen atau menggunakan produk topikal yang mengandung antioksidan, sumber terbaik tetap saja diet makanan.

Hati-hati mengonsumsi antioksidan sintetik. Gunakan antioksidan alami, seperti dilansir dari Live Strong, Senin (3/8).

Betakaroten dan vitamin A

Tubuh mengubah betakaroten menjadi vitamin A yang diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit yang sehat. The University of Maryland Medical Center menyatakan tubuh akan berhenti memproduksi betakaroten ketika tubuh tidak membutuhkan lebih banyak vitamin A. Buah-buahan bewarna kuning dan oranye, seperti sayuran wortel, melon menjadi sumber betakaroten terbaik. Ini efektif melindungi kulit.

Vitamin A penting mengobati jerawat, mengobati kulit tua sebelum waktunya dan melindungi dari paparan sinar matahari berlebuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa vitamin A merangsang produksi kolagen dan mengurangi metaloproteinase matriks yang disebabkan oleh penuaan alami dan kerusakan akibat sinar matahari.

Selenium

Selenium, mineral, dan antioksidan akan bekerja dengan  baik jika dikombinasikan dengan vitamin E. Ini ditemukan kadarnya dalam kacang basil, hati, gandum, kerang, tuna, dan ragi. Berhati-hatilah ketika mengonsumsi suplemen selenium karena bisa jadi meningkatkan risiko diabetes.

Selenium melindungi kulit dari keriput dan kerusakan akibat sinar matahari. Produk selenium bisa dalam bentuk Selenium sulfida berupa lotion atau krim kulit. Ini penting untuk mengobati panu dan jamur yang memengaruhi kulit. Dalam bentuk sampo, selenium penting melawan ketombe.

Vitamin C

Vitamin C ini sifatnya larut dalam air dan dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen dan memperbaiki jaringan kulit. Kurangnya vitamin C menyebabkan kulit kering, kasar, dan mudah memar. Anda bisa mendapatkan suplemen vitamin C dengan cara makan blueberry, tomat, stroberi, jeruk, nanas, cranberry, kentang, dan brokoli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement