Kamis 30 Jul 2015 13:57 WIB

Kota Simulasi Mobil tanpa Sopir Dibuka di Michigan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
MCity, Ann Arbor, Michigan
Foto: The Guardian
MCity, Ann Arbor, Michigan

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Selamat datang di Mcity, Ann Arbor, kota simulasi tempat pengujian mobil-mobil tanpa supir atau driverless.

Kota ini dibangun oleh peneliti dari University of Michigan untuk uji coba mobil-mobil tanpa pengemudi sebelum direalisasikan ke dunia nyata.

Luasan kota ini mencapai 32 hektare (ha) atau setara dengan 24 lapangan sepak bola. Isinya lengkap, berupa semua ornamen lalu lintas. Semua jalan, trotoar, lampu tanda berhenti, dan sebagainya terintegrasi, bahkan ada pusat kota yang lengkap dengan bangunan pusat perbelanjaan.

"Mcity adalah lingkungan yang aman, terkendali, dan realistis dimana kita akan mengetahui bagaimana potensi kendaraan terhubung otomatis dan dapat direalisasikan dengan cepat, efisien, dan aman," kata Direktur Mobility Transformation Center (MTC), Peter Sweatman, dilansir dari Live Science, Kamis (30/7).

Peneliti juga menyertakan robot-robot yang dianggap sebagai manusia dimana mereka ditempatkan sebagai pejalan kaki dan wisatawan.

Mesin robotik yang diberi nama Sebastian itu sesekali melangkah keluar ke jalanan untuk menguji apakah mobil-mobil tanpa pengemudi itu bisa menekan rem tepat waktu.

Peneliti juga mengevaluasi apakah antarmobil tanpa pengemudi ini bisa berkomunikasi degan baik satu sama lain. Mobil-mobil ini juga diujicoba dengan keterbatasan, seperti adanya tanda-tanda jalan tertutup oleh grafiti atau tempelan poster, tanda-tanda jalan yang memudar, bahkan marka jalan.

Mcity ditargetkan beroperasi pada 2021 mendatang dimana seluruh armada mobil tanpa supir terhubung di jalanan Ann Abor. University of Michigan dan Kementerian Perhubungan Michigan menargetkan 20 ribu mobil tanpa pengemudi bisa beroperasi di Michigan pada waktu yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement