Rabu 15 Jul 2015 15:44 WIB

Apakah Label “Makanan Sehat” Benar-Benar Sesuai? (1)

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
,
Foto: radianthealthsf
,

REPUBLIKA.CO.ID, Anda pasti sering mendengar, "Makan ini, jangan makan itu, hindari gluten, cobalah paleo, pilih yang organik”. Ini luar biasa, Sementara label makanan mungkin mengatakan sesuatu yang bebas gula, rendah lemak atau organik. Sebenarnya badan regulator tidak mengatur produk sehat untuk Anda. Ini terserah Anda untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Profesor Laurie Beyranevand, Direktur Asosiasi di Pusat Pertanian dan Sistem Pangan dan Profesor Asosiasi Hukum di Vermont Law School, mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa konsumen sering bingung dengan klaim label. Juga dengan strategi pemasaran yang dapat menciptakan masalah tambahan bagi konsumen untuk mencoba menemukan pilihan sehat.

Seperti dilansir dari Womensrunning, untuk membantu mendidik Anda menuju pembelian makanan sehat, ikuti lima tips dari Beyranevand berikut ini.

 

 

Rendah lemak

Rendah lemak bukan berarti itu sehat. "Menurut FDA, produk rendah lemak mengandung 3 gram lemak atau kurang dari itu per porsi, dan meskipun mereka mungkin mengandung lemak kurang dari takaran biasa, namun sering ada lebih banyak lemak dalam produk 'rendah lemak' yang dianjurkan bagi seseorang yang mencoba untuk menurunkan berat badan," jelas Beyranevand.

Produsen tidak hanya mengubah minyak lemak yang digunakan dalam membuat produk mereka, tetapi juga sampai tingkat gula dan garam untuk memastikan produk yang Anda beli rasanya seperti barang asli, menurut Beyranevand. Ketika melihat produk rendah lemak, membandingkan produk asli dan melihat asupan gula dan garam. Kadang-kadang produk reguler adalah alternatif lebih sehat karena gula tambahan yang mungkin ditambahkan ke pilihan rendah lemak.

Bebas gula

Bebas gula terdengar menarik bukan? Tapi itu tidak 100 persen informasi akurat. Label bebas gula hanya memiliki kurang dari 0,5 gram gula per porsi untuk diberi label seperti itu. Sebuah kotak kue mungkin termasuk dalam klaim label bebas gula, tapi setelah pemeriksaan lebih lanjut, label juga mengatakan , "ini bukan makanan berkalori rendah," jelas Beyranevand.

"Beberapa produk bebas gula mengandung alternatif gula yang bisa sama tidak sehat bagi konsumen. Gula buatan masih bisa meningkatkan kadar gula darah, dan jika seseorang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, maka mungkin menjadi pilihan makanan yang menyesatkan," tambahnya.

Jika Anda melihat bacaan "tidak ada tambahan gula" di kemasan. Coba perhatikan bahan-bahan lain yang tercantum.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement