Jumat 26 Jun 2015 07:40 WIB

Teh Jahe, Hangat dan Menghilangkan Migrain

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Wedang jahe
Foto: Gita Amanda/Republika
Wedang jahe

REPUBLIKA.CO.ID, Selain berbagai macam minyak, masih ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi migrain. Bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Artikel yang dilansir dari laman Allwomenstalk, Jumat (26/6) menyuguhkannya untuk Anda.

Minyak rosemary

Minyak rosemary mengandung zat yang disebut carvacrol yang bekerja sebagai cox-ii inhibitor dan menciptakan efek yang mirip dengan obat anti-inflamasi non-steroidal. Oleskan hanya beberapa tetes minyak esensial rosemary di setiap bagian yang terasa sakit atau migrain. Aplikasikan di dahi Anda dan pijat lembut dan juga untuk efek yang lebih baik.

Perbaikan diet

Membuat perubahan yang hati-hati pada diet Anda juga akan mengurangi sakit kepala dan migrain. Anda harus menghindari makanan tertentu yang memicu migrain seperti susu, buah-buahan tertentu seperti pisang, alpukat dan jeruk. Selain itu daging dengan nitrat seperti hot dog, bawang putih, makanan fermentasi dan makanan yang mengandung mononatrium glutamat (MSG).

Beberapa ahli percaya kadar magnesium rendah dalam otak Anda dapat menyebabkan sakit kepala. Jadi Anda bisa mempertimbangkan menambahkan makanan seperti makarel, biji labu, cokelat gelap, buah kering dalam menu diet Anda untuk mengurangi serangan migrain.

Teh jahe

Salah satu dari banyak pengobatan rumahan yang efektif untuk mengurangi adalah akar jahe yang segar dijadikan teh. Jahe terbukti efektif mengatasi migrain karena menghambat sementara prostaglandin sintesis. Hal ini juga bekerja sangat baik untuk mengatasi mual yang biasanya menyertai migrain. Ambil dua gelas air dan tambahkan irisan jahe yang sudah dipotong. Kemudian, didihkan itu selama setengah jam. Aduk dan minum teh jahe untuk mengurangi migrain yang menyebalkan.

Buckwheat

Buckwheat adalah tanaman yang bijinya sangat dikenal untuk diolah menjadi tepung. Keberadaan flavonoid membuat efek buckwheat mampu mengatasi migrain. Flavonoids dan phytochemicals yang mengandung sifat antioksidan membantu membalikkan kerusakan sel dan mengurangi peradangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement