Kamis 25 Jun 2015 17:00 WIB

Tips Ini Bantu Anda Tetap Sehat Selama Puasa

Rep: MGROL38/ Red: Winda Destiana Putri
Olahraga tetap dianjurkan di bulan suci, perhatikan anjurannya bila Anda mengidap penyakit tertentu.
Foto: Republika/Prayogi
Olahraga tetap dianjurkan di bulan suci, perhatikan anjurannya bila Anda mengidap penyakit tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan Ramadhan, Anda dituntut untuk tetap fit dan sehat agar senantiasa dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan dengan lancar.

Namun jika salah menjaga kesehatan, bukan saja Anda tak dapat berpuasa dengan lancar melainkan Anda rentan terserang penyakit.

Seperti dilansir Sport 360, Kamis (25/6), berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk tetap sehat serta cukup mendapat asupan nutrisi selama Ramadhan.

1. Saat Ramadhan, khususnya seorang Muslim yang akan berpuasa selama satu bulan penuh perlu mengkonsultasikan kondisi tubuhnya dengan dokter agar dapat mengetahui cara berpuasa dengan aman sehingga kondisi tubuh tetap sehat. Minta juga beberapa resep vitamin kepada sang dokter.

2. Waktu terbaik untuk berolahraga saat Ramadhan yakni sebelum berbuka puasa. Pilih olahraga-olahraga ringan seperti berjalan, yoga, dan latihan pernafasan atau keseimbangan tubuh. Hindari latihan-latihan yang melelahkan seperti latihan yang menguji ketahanan, kecepatan, serta ketangkasan tubuh. Usahakan juga untuk menyediakan waktu 15-20 menit untuk berjalan kaki setiap pagi.

3. Jika Anda benar-benar ingin sehat, anggaplah Ramadhan sebagai salah satu cara untuk tujuan Anda tersebut. Buatlah jadwal serta pilih jenis makanan yang baik Anda konsumsi selama berpuasa agar tubuh tetap mendapat asupan nutrisi serta terhindar dari dehidrasi. Selain itu, jangan lupa untuk istirahat agar tubuh tetap fit.

4. Selama menjalani ibadah puasa, terutama saat siang tengah terik, usahakan tetap berada di area yang sejuk. Batasi aktivitas fisik Anda dan beristirahatlah jika memungkinkan.

5. Saat makan sahur, pilihlah makanan yang akan memberikan Anda energi selama puasa seharian. Misalnya makanan yang mengandung karbohidrat serta protein yang tinggi seperti telur, biskuit selai kacang, beberapa potongan jeruk, serta dua gelas air putih.

6. Berbuka puasalah dengan baik, misalnya dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad yakni berbuka puasa tepat waktu dengan air putih, susu, atau jus buah. Setelah shalat maghrib, Anda dapat mengisi perut yang kosong seharian dengan sup atau beberapa biskuit.

7. Terakhir, tetaplah menjaga kebersihan gigi dan gusi Anda dengan rajin menyikatnya setiap pagi. Cuci juga tangan Anda secara berkala agar terhindar dari virus atau bakteri yang kerap menyebabkan flu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement