Sabtu 20 Jun 2015 06:27 WIB

Sering di Bawah Sinar Matahari? Waspada Head Stroke

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Berjemur di bawah sinar matahari (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Berjemur di bawah sinar matahari (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang kebanyakan orang khawatirkan dari musim kemarau? Mungkin kebanyakan orang akan mengatakan hawa yang sangat panas menyekat kulit.

Tapi selain itu ada hal lebih menyeramkan lagi terjadi ketika musim tersebut tiba, seperti serangga musim panas, ular, dan yang lainnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi pada musim kemarau, dilansir dari Womanitely, Jumat (19/6).

Hewan atau serangga beracun

Beberapa orang memiliki fobia sendiri terhadap keberadaan serangga, dan bisanya di musim kemarau serangga akan lebih agresif, terutama serangga berbahaya. Jika Anda berencana menjelajahi taman kota tanpa alas kaki karena melihat godaan rumput hijau, kewaspadaan harus tetap terjaga. Terkadang Anda tidak tahu jika ditempat tersebut terdapat hewan yang berbahaya.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi kesehatan yang berhubungan dengan masalah kekurangan cairan tubuh. Biasanya masalah ini terjadi pada saat musim kemarau. Tapi bukan berarti di musim lain Anda abai dengan masalah ini. Bagaimana pun kebutuhan air dalam tubuh harus terpenuhi dengan baik setiap saat. Pastikan Anda minum 8 gelas sehari dan mengonsumsi makanan dengan kaya air sebagai satu upaya memenuhi kesehatan tubuh di musim kemarau.

Head Stroke

Musim panas merupakan tantangan nyata bagi pikiran juga tubuh. Tubuh Anda memiliki kemampuan unik untuk mengatur suhu dan beradaptasi dengan kondisi cuaca baru. Tapi dalam waktu panjang tubuh suhu panas akan berakibat kegagalan termoregulasi dan menyebabkan head stroke. Jika Anda menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari, maka Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena hal tersebut. Jika Anda sudah merasa tubuh mulai tidak nyaman, ada baiknya segera berteduh dan mengistirahatkan badan karena kondisi head stroke merupakan ancaman serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement