Ahad 14 Jun 2015 19:47 WIB

Sebelum Dirawat, Rachmat Hidayat Kerap Panggil Nama Olga

Rep: c01/ Red: Bilal Ramadhan
Rachmat Hidayat
Foto: Antara/Agus Bebeng
Rachmat Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Aktor kawakan Rachmat Hidayat tutup usia pada umur 82 tahun di Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung pada Ahad (15/6). Rachmat Hidayat berpulang setelah 10 hari bergelut dengan stroke yang ia derita sejak enam tahun lalu.

"Harusnya sore ini pulang (dari RS), sudah beres-beres. Tetapi kondisi beliau tiga-tiba gawat dan wafat pada 04.30 WIB," ungkap menantu Rachmat Hidayat, Arika Prayogowati (39) di Jalan Pasundan, Bandung, pada (14/6).

Arika menyatakan sehari-hari Rachmat kerap menghabiskan waktu di rumah bersama cucu. Ia juga menyatakan mertuanya snang menghabiskan waktu dengan berjemur dan menonton tv saat di rumah.

"Beliau sayang sama anak cucu dan tidak pernah kasar. Kenangan liburan terakhir saat berenang," ujar Arika tak kuasa menahan tangis.

Arika juga tidak pernah lupa dengan pesan-pesan yang seringkali disampaikan Rachmat sebelum ia tutup usia. Salah satu pesan yang sering Rachmat utarakan ialah agar anak cucunya tetap menjaga shalat lima waktu. Selain itu, Rachmat juga sering berpesan agar anak-anaknya untuk saling akur dan menjaga.

Arika menyatakan sebelum wafat tidak ada firasat macam-macam yang terlintas di benaknya. Hanya saja, Arika menyatakan ibunya pernah bercerita bahwa sebelum Rachmat dirawat di RS, Rachmat menyebut-nyebut nama mendiang Olga Syahputra.

"Diceritain ibu, katanya beliau sebut Olga-Olga. Katanya dipanggil Olga dan beberapa lainnya," tambah Arika.

Arika menyatakan beberapa tokoh sudah sempat melayat Rachmat. Salah satunya ialah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Usai meresmikan Alun-Alun Ujung Berung, Ridwan menyempatkan diri melayat Rachmat dan memimpin shalat jenazah. Rachmat dikebumikan di makam keluarga Bojongkunci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement