Jumat 12 Jun 2015 14:31 WIB

Tersinspirasi dari Mimpi, Biyan Hadirkan Koleksi Baru

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Model memeragakan busana karya desainer Biyan Wanaatmadja koleksi Spring/Summer 2016 dengan tajuk
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Model memeragakan busana karya desainer Biyan Wanaatmadja koleksi Spring/Summer 2016 dengan tajuk "Dream" di Jakarta, Kamis (12/6) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, Desainer senior, Biyan Wanaatmadja mengeluarkan koleksi terbarunya untuk kaum hawa pecinta fesyen. Dalam presentasi koleksi baru utamanya, Biyan mengangkat tema Dream.

Menurutnya, eksplorasi emosi yang dimunculkan sebuah mimpi seringkali membangkitkan rasa ingin tahu. Surreal and magical, namun dilain waktu terasa melankolis. Esensi inilah yang diangkat olehnya.

“Bicara tentang mimpi tidak harus berarti secara harafiah, bisa saja khayalan. Impian ataupun kenangan. Tentang sesuatu yang tidak berwujud, tapi ada di sana,” ujarnya dalam konferensi pers sebelum pergelaran busananya dimulai, Kamis (11/6).

Melalui koleksi Spring/Summer 2016 Biyan menerjemahkan mimpi sebagai sebuah inspirasi kedalam serangkaian busana yang dinamis, relaks tapi anggun, dan mudah dipadu padan.

Biyan juga meminjam inspirasi dari beberapa sumber seperti detail kebaya, buku cerita anak-anak, hingga motif tegel yang sering dijumpai sebagai bagian penting pada interior bangunan lama. Semua terasa seperti sebuah rangkaian cerita masa lalu yang disuguhkan kepada penikmat karyanya.

“Terasa sekali bahwa setiap karya telah melalui proses panjang yang memperlihatkan intensitas karya yang kaya detail dan perhatian, bordir kerancang dibuat dengan proses yang membutuhkan kecermatan sehingga menghasilkan tekstur menyerupai renda,” ungkapnya.

Detail eyelet tampak menghiasi berbagai koleksi dan secara kontras terpadu dengan motif garis dalam siluet jaket dengan aksen folklor. Unsur grafis muncul dalam bordir monokromatik berukuran besar. Motif bunga dibuat berbeda dengan bersusunan geometris membentuk pola tegel.

Rok model A line, celana palazzo, kulit, jaket, blus, bersiluet longgar dan gaun panjang romantis seakan keluar dari dongeng masa kecil. Perpaduan beragam material ringan dan berat seperti tulle, silk organza, silk georgette, linen, tafetta dan denim menciptakan kontras pada tekstur. Serasi dalam pulasan warna netral dan lembut mulai putih, beige, ivory, abu-abu hingga blush, celadon, tile blue, dan powder blue.

Koleksi yang diperuntukkan bagi perempuanini terdiri dari berbagai helai karya yang siap dipadupadan, menonjolkan karakter perempuan yang berbeda-beda serta memiliki keunikannya tersendiri.

Pergelaran koleksi dream kali ini memberikan konsep presentasi yang berbeda dengan apa yang biasa Biyan lakukan sebelumnya. Presentasi dibuat lebih bersih dan ringan. Ia seperti menyuguhkan dunia dimana perempuan dapat menikmati keindahan mimpi, merayakan kenangan bahagia, dan lamunan tentang kecantikan. Sebuah representasi kesederhanaan dan keanggunan sekaligus antidot dari hidup hidup yang semakin kompleks dan rumit.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement