Selasa 09 Jun 2015 14:41 WIB

Gaun Hingga Penanda Kuburan Marilyn Monroe Dilelang

Rep: C88/ Red: Indira Rezkisari
Marilyn Monroe
Foto: AP
Marilyn Monroe

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sejumlah barang milik mendiang Marilyn Monroe rencananya bakal dilelang ke publik. Beberapa benda 'nyleneh' Marilyn yang akan dijual antara lain hasil ronsen dan penanda nisan kuburnya. Lelang rencananya akan dilangsungkan pada 26 dan 27 Juni dalam Julien's Hollywood Legends Auction.

Dari sederet barang yang ditawarkan, gaun Monroe adalah benda yang dianggap paling berharga. Gaun tersebut adalah kostum terakhir yang dikenakan saat shooting film terakhirnya sebelum aktris pirang ini meninggal. Ia ditemukan tewas pada 5 Agustus diduga akibat overdosis obat tidur.

Monroe mengenakan gaun sutra dengan motif mawar dalam film terakhirnya, Something's Got to Give. Ia kemudian diberhentikan dari proyek film itu sebulan sebelum kematiannya karena kinerja yang dinilai buruk. Dikutip dari NY Daily News, Selasa (9/6), gaun tersebut diperkirakan laku antara 400 ribu hingga 600 ribu dolar AS.

"Gaun ini dapat dilihat dalam berbagai artikel surat kabar yang mengumumkan kematiannya," demikian keterangan pers yang diberikan oleh Rumah Lelang Julien.

Sebuah penanda perunggu berukuran 4,5 inci kali 15 inci yang tergantung di makam Monroe di Westwood Village Memorial Park Cemetery di Los Angeles juga masuk daftar barang lelang. Sejak 1970 penanda itu telah dicopot dan diganti dengan yang baru. Penanda kubur itu ditaksir laku hingga 10 ribu dolar AS.

Item lain milik Monroe yang bakal dibanderol mahal adalah hasil ronsen dari sebuah rumah sakit di kawasan Hollywood. Potongan memorabilia dari tahun 1954 tersebut diperkirakan bisa terjual dengan harga tak kurang dari 10 ribu dolar AS. Kartu pemakaman Monroe diharapkan juga bisa terjual dengan nilai yang layak. Harga kartu bertanggal 8 Agustus 1962 tersebut diperkirakan mencapai 800 dolar AS.

Tidak semua barang Monroe yang dilelang identik dengan simbol kedukaan. Bustier beludru hitam dan naskah film Monroe masuk dalam daftar barang lelang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement