Selasa 09 Jun 2015 13:03 WIB

Asyiknya Berburu Gurita di Pantai Carita

Rep: AE01/ Red: Dwi Murdaningsih
Wisatawan berburu gurita di Pantai carita
Foto: Republika/Rizka Vadya
Wisatawan berburu gurita di Pantai carita

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG  -- Pagi masih menunjukkan pukul 06.00 WIB saat empat wisatawan dari Jakarta itu berjalan menyusuri Pantai Carita. Mutiara Carita Cottages yang merupakan tempat mereka menginap memang berhadapan langsung dengan Pantai Carita. Alhasil, sepagi itu, Heru Supriyatin (33 tahun), Arif Satriantoro (24), Rizka Vardya (23) dan Casilda Amilah (22) langsung menuju ke pantai.

Saat itu akhir Mei. Air laut sedang surut sehingga karang-karang di pantai terlihat dengan jelas. Di pantai itu, tampak terlihat orang-orang dengan kepala yang ditutupi plastik sedang berusaha mencari sesuatu. Ternyata orang-orang tersebut sedang mencari gurita. Para nelayan di Pantai Carita Kabupaten Pandeglang ini berburu gurita dari pagi hingga siang hari.

Di saat surut, hewan berlengan 8 ini mudah ditemukan di sela-sela karang. Nelayan kemudian memasang umpan yang berupa kepiting kecil untuk menarik perhatian gurita. Nelayan harus berhati-hati agar hewan ini tidak merasa terancam dan mengeluarkan tinta. Dalam waktu kurang lebih 15 menit, seorang nelayan bisa mendapatkan 4 ekor gurita. Wow…

Bagi masyarakat Pandeglang, gurita dipercaya bisa menambah stamina. Alhasil, banyak warga yang mencari gurita di pagi hari. “Pagi di sini memang banyak orang-orang yang mencari gurita, Ada juga yang guritanya dikasih cuka terus langsung dimakan. Masyarakat sini percaya gurita dapat menambah stamina” ujar Budianto, Front Officer Mutiara Carita Cottages yang saat itu sedang menemani wisatawan tersebut.

Nelayan itu juga memiliki trik khusus untuk memancing gurita. Mereka menggunakan sepatu berwarna hitam. Hal ini bukan tanpa alasan. Gurita lebih tertarik dengan warna terang seperti warna putih dan bisa menarik benda tersebut dengan lengannya. Jika nelayan menggunakan sepatu putih, kata Budianto, gurita bisa menarik nelayan ke tengah laut. Hewan dari kelas Chepalopoda (kaki yang berada di kepala) ini diburu untuk kemudian dijual.

Biasanya gurita-gurita ini dijual ke restoran-restoran di Jakarta dalam keadaan masih hidup. Gurita memiliki protein tinggi dan lemak yang rendah. Gurita yang kecil biasa dijual seharga Rp 5 ribu. Bagaimana? Tertarik memancing gurita di pantai Carita?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement