Kamis 04 Jun 2015 07:21 WIB

Godzilla Resmi Jadi Warga Kehormatan Jepang

Godzilla saat upacara pemberian kewarganegaraan, 9 April 2015.
Foto: Twitter / @dialmformovies
Godzilla saat upacara pemberian kewarganegaraan, 9 April 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Godzilla, salah satu ikon budaya terbesar Jepang, mendapatkan kewarganegaraan kehormatan di Jepang. Godzilla juga ditunjuk sebagai duta besar pariwisata.

Kota Shinjuku secara resmi menyerahkan dokumen kependudukan kepada Godzilla dalam sebuah upacara April lalu. Dokumen itu kini sudah secara resmi dikeluarkan.

Raja Monster itu ditunjuk sebagai duta pariwisata bagi Shinjuku karena statusnya yang ikonik di dunia. Berkat penampilan Godzilla di layar perak, Jepang kedatangan wisatawan.

"Godzilla adalah karakter yang menjadi kebanggaan Jepang," ujar Wali Kota Shinjuku Kenichi Yoshizumi, dikutip dari Newsweek, Rabu (3/6).

Untuk menandai pemberian warga negara itu, replika kepala Godzilla setingga 12 meter dipasang di bagian atas kompleks hiburan Shinjuku Toho. Hotel Gracery di dalam kompleks tersebut juga mempunyai ruangan-ruangan bertema Godzilla. Pengunjung bisa melihat ke dalam mata monster itu dari jendela kamar.

Berdasarkan dokumen kependudukannya, alasan utama Godzilla memiliki status khusus itu karena mempromosikan hiburan dan mengundang wisatawan dunia dalam bentuk kepala Godzilla yang dibangun di atas Gedung Shinjuku Toho.

Dalam dokumen itu tertera alamat rumah Godzilla adalah Shinjuku-ku, Kabuki-cho, 1-19-1. Sedangkan tanggal ulang tahunnya 9 April 1954, merujuk pada rilisnya film pertama Godzilla. Pemberian kewarganegaraan diberikan saat ulang tahunnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement