Senin 01 Jun 2015 18:29 WIB

Ini 5 Kegunaan Lada Hitam Selain Sebagai Bumbu Dapur

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Seorang petani sedang memanen lada hitam Lampung
Foto: antara
Seorang petani sedang memanen lada hitam Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, -- Lada hitam merupakan bumbu dapur yang memiliki cita rasa pedas yang khas. Namun, selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata lada hitam juga memiliki kegunaan lain.

Dilansir dari Reader's Digest, Senin (01/6), berikut adalah manfaat lada hitam dalam kehidupan sehari-hari selain sebagai penyedap dalam makanan:

1. Mencegah pudarnya warna pakaian

Anda pasti sebel jika baju kesayangan anda warnanya semakin pudar karena sering dicuci. Untuk menghindarinya, anda bisa menggunakan lada hitam. Caranya adalah masukkan satu sendok teh lada hitam ke dalam mesin cuci. Lakukan langkah tersebut sebelum mesin dinyalakan.

2. Obat batuk

Jika anda mengalami batuk dengan dahak, obatilah dengan lada hitam. Caranya adalah dengan mencampurkan lada hitam, madu, dalam secangkir teh. Fungsi dari lada adalah untuk menghilangkan dahak. 

Untuk komposisinya adalah satu sendok teh lada hitam dan dua sendok makan madu. Diamkan selama 15 menit dan saring.

3. Menghilangkan kebiasaan merokok

Berdasarkan penelitian dari Journal of Alternative and Complementary Medicine, lada hitam bisa menyebabkan seseorang berhenti merokok.

Riset tersebut menyebutkan bahwa keinginan seseorang untuk merokok berkurang ketika mencium aroma minyak lada hitam.

4. Redakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat memang tidak mengenakkan. Solusinya adalah masukkan lima tetes minyak lada hitam dan minyak kayu putih pada ari yang mendidih. Setelah itu, anda hirup aromanya. Bau campuran tersebut bisa meredakan hidung yang tersumbat.

5. Perawatan wajah

Lada hitam merupakan sumber antibakteri dan juga antioksidan. Kedua zat ini bisa membuat anda lebih putih. Caranya adalah dengan membuat lulur dari lada hitam. Anda hanya perlu mencampur gula pasir, minyak yang digunakan untuk pijat, dan lada. Kemudian lumuri wajah anda seperti saat luluran biasa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement