Ahad 31 May 2015 21:46 WIB

Selain Bikin Boros, Ini Bahaya Media Sosial Lainnya

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Media Sosial
Foto: Antara
Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial memang memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Namun dibalik berbagai manfaat dan kegunaannya, ternyata media sosial juga bisa memengaruhi otak anda dalam mengambil keputusan. Bahkan efeknya cenderung negatif.

Berikut ini 5 hal negatif yang ditimbulkan oleh media sosial, dilansir dari Reader's Digest, Ahad (31/5).

1. Membuat anda lebih boros

Berdasarkan penelitian, penggunaan media sosial terlalu berlebihan bisa mengurangi kemampuan mengontrol diri. Akibatnya, pengeluaran Anda bisa lebih tinggi. Bahkan profesor asal Universitas Columbia menyarankan agar tetap bisa 'sadar' karena penggunaan media sosial.

2. Makan berlebihan

Salah satu media sosial yang khusus untuk berbagi foto bisa membahayakan pola makan anda. Para penggunanya bisa mengalami makan berlebihan karena efek foto makanan dalam jejaring tersebut.

Berdasarkan riset, gambar atau foto dalam media sosial tersebut bisa memicu rasa lapar.

3. Mengurangi kemampuan berpikir secara mandiri

Berdasarkan survei dari HP Labs, terlalu lama mengakses sosial media bisa menyebabkan anda rentan terhadap tekanan. Selain itu, pikiran anda bisa dipengaruhi terhadap hal-hal yang sedang populer di dunia maya. Hal ini bisa membuat anda sering hanyut dengan tren.

4. Kurang mengapresiasi diri sendiri

Peneliti Jerman menyebutkan bahwa seseorang yang terlalu sering online sering merasa frustrasi, kesepian, dan mudah marah. Bahkan, mereka cenderung membanding-bandingkan diri mereka terhadap teman-temannya. Akibatnya, membuat mereka kurang menghargai diri sendiri.

5. Takut dengan ketidakpastian

Seorang akademisi di Oxford University mengungkap bahwa generasi online tidak siap dengan ketidakpastian, kerusuhan, bahkan ketidakstabilan. 

Sang ahli, Susan Greenflied mengungkapkan pernyataan tersebut setelah mengamati percakapan online dalam media chatting.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement