REPUBLIKA.CO.ID, Lima tahun terakhir kegiatan berbelanja tak melulu harus dilakukan dengan mengunjungi toko atau bahkan perlu keluar negeri untuk mendapatkan sesuatu. Di atas tempat tidur, saat orang lain terlelap, atau bahkan ketika Anda belum mandi berbelanja kini bisa dilakukan secara online.
Berbelanja memang makin mudah. Namun, belum semua pedagang dengan produk yang unik dan menarik memiliki akses atau dana untuk membangun sendiri toko onlinenya. Mereka umumnya sebatas berjualan melalui Facebook, Instagram, dan rajin mengikuti pameran atau bazar untuk mengenalkan produknya.
Dua tahun belakangan Bobobobo turut meramaikan dunia belanja online. Tak sebatas menawarkan pakaian atau aksesoris, Bobobobo menjajakan pula paket berlibur hingga potongan harga di tempat makan yang sedang populer. Juan Chene, VP Business Development Bobobobo, mengatakan portalnya didominasi produk kreatif UKM lokal. ''Lebih tepatnya UKM di bidang lifestyle,'' katanya, beberapa waktu lalu.
Bila Anda tak asing dengan karya kreatif Ayang Cempaka dalam bentuk poster atau pelapis pasport, skarf atau alas gelas dari batik cap Sejauh Mata Memandang, atau ingin bisa ikut kelas masak Burgreens, maka Bobobobo adalah tempat semua tawaran tersebut berkumpul. Juan mengatakan, Bobobobo juga tidak sekadar menerima produk UKM kreatif di tempatnya. Bobobobo termasuk memberi bimbingan bagaimana mengembangkan produk hingga membuat produk lebih layak jual.
Bobobobo ibarat wadah belanja yang cukup komplit untuk Anda yang menggemari produk lokal yang tidak memiliki tempat fisik untuk menjual produknya. Kebanyakan dari brand yang tersedia di sini memang sebatas berjualan di akun media sosial atau merupakan peserta bazar.
Saat ini, katanya, terdapat lebih dari 20 ribu produk dari 1.000 brand di Bobobobo. Pilihannya, mulai dari untuk wanita, pria, kebutuhan rumah, travel, kuliner, perawatan diri, dan acara atau festival tertentu. Komposisi produk lokal yang ditawarkan mencapai 80 persen.
''Kami membantu mengembangkan industri kreatif Indonesia,'' kata Juan. Pemilik produk yang merasa sesuai dengan Bobobobo juga diundang untuk mengirimkan proposalnya ke Bobobobo.
Ketika ditanya apa yang membedakan produk di Bobobobo dengan produk serupa yang bertebaran di Instagram atau Facebook. Juan mengatakan selain kualitas, Bobobobo menawarkan kejujuran. ''Belanja di kami pasti aman, barang akan datang dan produk ini terkurasi dengan baik,'' katanya lagi.
Menjelang Ramadhan Bobobobo dipastikan Juan akan meluncurkan promo terkait. Salah satunya paket liburan. Juan namun belum mau memaparkan rinciannya.
Dalam satu bulan, 300 ribu pengunjung menyambangi Bobobobo. Tertarik? Silakan buka www.bobobobo.com.