Jumat 22 May 2015 14:35 WIB

Terungkap, Warna Telur Dinosaurus Sama dengan Telur Burung

Rep: melisa riska putri/ Red: Esthi Maharani
Telur dinosaurus
Foto: afp
Telur dinosaurus

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Warna telur dinosaurus yang asli sebenarnya telah lama menjadi misteri bagi para ilmuwan hingga sekarang. Namun, sebuah studi mengungkapkan bila warna asli telur mungkin adalah rona biru kehijauan.

Seperti diberitakan laman 9News.com.au, Jumat (22/5), studi yang dilakukan oleh Universitas Bonn, Jerman tersebut melibatkan analisis dari telur oviraptors-dinosaurus yang erat dengan burung.

Para ilmuwan sebelumnya telah mampu menentukan pewarnaan telur dinosaurus berdasarkan dari pewarnaan mineral dan proses yang terjadi selama fosilisasi. Namun fosilisasi dapat mengubah warna fosil dari aslinya.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, telur yang digunakan dalam analisis dipilih dari tiga situs di seluruh Cina. Situs tersebut terkenal dengan fosil yang sangat terawat baik.

Telur tersebut diketahui memiliki jumlah biliverdin dan protoporfirin yang juga ditemukan dalam telur burung modern. Setelah serangakaian tes, Profesor Martin Sander dan siswanya Jasmina Wiemann dapat menentukan warna asli dari telur dinosaurus.

Temuan mereka ini memberikan konfirmasi bahwa pewarnaan dalam telur burung dapat menyampaikan ke muasal dinosaurus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement