Sabtu 16 May 2015 12:06 WIB

Pengisi Suara Doraemon Menderita Demensia

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Doraemon
Foto: facebook/100Doraemon
Doraemon

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Meski karakter anime Doraemon, Nobita, dan Shizuka tak pernah menua, penuaan terjadi pada para pengisi suara mereka. Pengisi suara Doraemon dikabarkan menderita demensia di usianya yang sudah lanjut.

Nobuyo Oyama, yang mengisi suara Doraemon sejak 1979 hingga 2005, dikabarkan menderita demensia. Dalam sebuah acara di TBS Radio, suami dari wanita berusia 81 tahun ini, Keisuke Sagawa mengungkapkan istrinya tengah berjuang menjalani perawatan medis, demikian dilansir RocketNews24, Sabtu (16/5).

Sagawa menyebut, saat Oyama mulai menunjukkan tanda demesia, ia berpikir itu adalah dampak pasca stroke yang menyerang Oyama pada 2008 lalu. Setelah dilakukan observasi, kondisi yang ditunjukkan Oyama adalah hal berbeda pasca stroke.

Beruntung, kondisi fisik Oyama masih baik dan tidak memerlukan perawatan intensif di rumah sakit. Meski begitu, Oyama cepat lupa apa yang baru dikatakannya dan membutuhkan bantuan untuk beberapa aktivitas seperti mandi.

Manajemen Oyama mengatakan ia sudah pernah tampil di depan publik sejak didiagnosis menderita demesia. Oyama menyadari kondisinya dan tetap berusaha sebaik mungkin saat sedang rekaman suara meski itu menguras tenaganya. Tapi Oyama menyatakan ia belum berencana akan pensiun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement