Sabtu 09 May 2015 09:00 WIB

Bijak Menggunakan Talenan Kayu

Talenan kayu
Foto: Google
Talenan kayu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu benda yang menghuni setia dapur Anda mungkin adalah talenan kayu. Kayu memang bahan yang digunakan sebagai talenan bahkan sejak berabad lalu.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com ahli mikrobiologi dari Food Research Institute di University of Wisconsin menemukan bahwa kayu memiliki sifat alami pembunuh bakteri yang membuat bakteri akan mengering dan mati dalam tiga menit.

Kendati demikian, kayu yang berpori tetap membuat bakteri lebih mudah terserap ke dalamnya. Meat and Poultry Hotline dari United States Department of Agriculture menyarankan untuk menggunakan talenan dengan permukaan yang tidak berpori (plastik, akrilik) untuk memotong daging mentah.

Namun jika Anda sudah menggunakan talenan kayu untuk mengiris daging, hindari menggunakan talenan yang sama untuk memotong bahan makanan lain. Ini agar bakteri dari daging yang tersisa di talenan tidak mencemari bahan makanan lain. Cuci talenan dengan air panas atau minimal air hangat yang dicampur sabun, setiap kali selesai digunakan, lalu bilas dan keringkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement