Jumat 08 May 2015 04:30 WIB

Jetlag? Atasi dengan Langkah Berikut

Rep: c31/ Red: Ani Nursalikah
Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menghindari jetlag akibat terbang.
Foto: Republika/Prayogi
Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menghindari jetlag akibat terbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bepergian menggunakan pesawat dan mengarungi zona waktu yang berbeda kerap  mengakibatkan jetlag  atau mabuk pasca penerbangan.  

Penulis dan Humas Lady Terry Robinson membagikan lima tips untuk anda yang sering mengalami jetlag ketika bepergian, seperti dilansir dari Female First, Jumat (8/5).

Tetap minum dan makan kudapan sehari atau dua hari sebelum bepergian. Perasaan jetlag bisa diakibatkan penyimpanan air akibat duduk terlalu lama. Jika memungkinkan, lakukan jalan kecil di sekitar kabin pesawat setiap jam.

Biasakan tidur di zona waktu tempat tujuan. Beberapa hari sebelum terbang, coba ubah jam tidur dengan zona waktu tempat tujuan. Robinson mencontohkan, ketika akan pergi ke New York, ia akan bangun dengan zona waktu New York di Los Angeles.

Jangan minum obat untuk membantu anda tidur di pesawat. Meminum obat tidur akan menimbulkan risiko insomnia di malam berikutnya.

Baca buku dengan jalan cerita yang menarik di pesawat. Membaca membutuhkan tenaga lebih dibanding menonton film di pesawat. Hal ini akan membuat anda lelah dan cepat tertidur.

Ambil keuntungan dari pelayanan penerbangan. Beberapa penerbangan menyediakan pelayanan di waktu makan. Makanlah makanan lengkap di waktu makan siang dan makan malam. Cara ini akan membantu penyesuaian tubuh lebih cepat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement