Sabtu 02 May 2015 08:25 WIB

Cerdik Mencicil Tanpa Beban

Jadilah pembelanja yag cermat agar cicilan tidak mencekik dan membebani.
Foto: Republika/Prayogi
Jadilah pembelanja yag cermat agar cicilan tidak mencekik dan membebani.

REPUBLIKA.CO.ID, Agar cicilan tidak menjadi beban dan bunganya mencekik Anda, beberapa hal berikut menurut bisa dilakukan, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

- Sebelum memutuskan untuk mencicil, selalu bayar tunai apapun yang Anda beli kecuali barang produktif atau rumah pertama yang Anda miliki.Tidak semua barang harus dicicil.

- Jika berencana menggunakan kartu kredit, walaupun mencicil, dan jika memang ada dananya, bayarlah lunas setiap tagihan bulanan Anda. Ini akan menghindari bunga yang berbunga.

- Jika perlu mencicil, pastikan Anda mencicil untuk barang yang dirasa sangat dibutuhkan, dan bukan hanya sekadar untuk bergaya. Jika memungkinkan, carilah cicilan nol persen atau bunga yang paling kecil.

-Terakhir dan yang paling mendasar, pastikan total beban cicilan tidak melebihi 15 persen penghasilan untuk cicilan kartu kredit atau cicilan kendaraan bermotor, tapi boleh sampai 30 persen kalau memang untuk cicilan rumah.

Yang jelas, teliti dan disiplinlah. Cicilan bisa menjadi sahabat jika Anda sanggup dan mematuhi sistem pembayarannya tapi justru menjadi lawan jika Anda lalai membayar dan tercekik bunga serta denda. Selamat mencicil dengan bijak!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement