Jumat 01 May 2015 14:53 WIB

10 Hal yang Identik dengan Arab (1)

Rep: c38/ Red: Indah Wulandari
Pabrik kafiyeh milik Yasser Hirbawi
Foto: Nir Kafri/Guardian
Pabrik kafiyeh milik Yasser Hirbawi

REPUBLIKA.CO.ID,Laman halaltrip.com melansir 10 hal yang melekat erat dengan gambaran tentang Arab.

1. Keffiyeh/Shemagh syal

Scarf ini berupa kain katun persegi dengan pola anyaman tertentu. Keffiyah dikenakan di kepala untuk melindungi diri dari panas, debu dan gurun pasir Arab. Kain ini telah digunakan selama berabad-abad di Saudi, Irak, dan Yordania.

Syal bermotif yang tersedia dalam semua warna ini telah berkembang menjadi simbol fesyen di seluruh dunia. Kain ini digunakan oleh siapa saja, mulai dari rakyat jelata sampai pangeran sebagai simbol persaudaraan universal.

2. Sahan

Meletakkan makanan dalam sahan (sebuah piring besar) di tengah-tengah orang duduk bersama dan makan dari piring yang sama adalah salah satu budaya di dunia Arab. Ketika Anda memesan makanan di negara-negara Arab, misalnya Mandi, mereka akan meletakkannya di sahan dengan porsi yang cukup bagi 2-4 orang.

3. Attar

 Attar adalah minyak wangi non alkohol, dirancang dalam botol-botol kecil nan cantik dengan berbagai pilihan aroma. Benda ini dapat menjadi pilihan pertama untuk oleh-oleh keluarga atau teman di rumah.

4. Kebab

 Daging panggang berbumbu rempah ini telah menjadi fenomena dunia, mulai dari Amerika hingga Rusia. Sejarahnya dapat ditelusuri kembali dari abad ke-7 M. Setiap negara di dunia Arab memiliki kebab versi mereka sendiri.

5. Surma/Kohl

 Penggunaan Kohl atau Surma telah ada sejak 300 SM di Mesir. Hal ini diyakini untuk berkhasiat untuk mempercantik mata dan melindungi mata terhadap penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement