Rabu 29 Apr 2015 08:23 WIB

Slow Cooker Bantu Anda yang tak Punya Waktu untuk Memasak

Slow Cooker
Foto: Amazon
Slow Cooker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesibukan yang melanda setiap hari, kadang membuat Ibu jarang memasak. Mereka lebih memilih alternatif lain dengan membeli makanan matang, atau makanan siap saji yang hanya perlu dipanaskan sebentar.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com slow cooker sangat berguna bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu di dapur. Cukup masukkan semua bahan dalam slow cooker, biarkan dan sajikan keesokan harinya.

 

Panduan Memasak menggunakan Slow Cooker

1. Isi panci keramik dalam slow cooker dengan bahan makanan hingga setengah atau tiga per empat dari tinggi panci keramik. Bahan cair yang digunakan tidak boleh melebihi permukaan bahan makanan. Bila Anda mengisinya kurang dari setengah bagian saja, bahan makanan akan matang secara berlebihan (over cook). Dan jika Anda mengisinya melebihi tiga per empat, bahan makanan akan sukar matang atau lama matang. Tidak perlu khawatir makanan akan menjadi kering karena air akan keluar dari sayuran atau bahan makanan lain.

 

2. Taruh tutup panci keramik slow cooker pada posisi yang tepat. Karena bila Anda menaruhnya tidak pada posisi yang tepat atau posisi tutup panci miring, sehingga terdapat celah yang menyebabkan uap dalam panci keluar, proses pemasakan menjadi tidak sempurna.

 

3. Setelah lampu penunjuk panas mati pada tombol panas yang Anda gunakan saat memasak (low atau high), putar penunjuk panas ke posisi tombol panas auto. Makanan yang telah matang, akan selalu dalam keadaan hangat kapan saja Anda menyantapnya. Jika Anda tidak memutar penunjuk panas ke posisi panas auto, makanan yang telah matang akan menjadi dingin saat Anda menyantapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement