Selasa 28 Apr 2015 18:01 WIB

Tips Memilih Sunblock

Tabir surya untuk melawan dampak sinar matahari.
Foto: earth911
Tabir surya untuk melawan dampak sinar matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan sunblock. Terlebih jika Anda berkulit putih, semakin putih kulit maka semakin Anda membutuhkan sunblock. Tapi, apakah sunblock yang Anda pilih sudah tepat? Dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK, dari klinik kecantikan Rumah Puan, berbagi tip memilih sunblock yang tepat bagi Anda.

PA+++

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, menurut Dr. Amaranila, sunblock berfungsi sebagai tabir surya yang mencegah masuknya sinar matahari ke dalam kulit. Jadi, usahakan memilih sunblock atau sunscreen yang memiliki daya proteksi terhadap sinar Ultra Violet A, produk seperti ini ditandai dengan kode PA+++.

SPF

Tidak hanya sinar UVA yang harus Anda waspadai, sinar UVB juga. Kandungan SPF pada sunblock mencegah sinar UVB masuk ke dalam kulit. Hingga saat ini, belum ada sunblock yang cukup  dioleskan satu kali untuk melindungi kulit Anda sepanjang hari, Anda harus mengulangnya setiap beberapa jam sekali–sesuai kandungan SPF-nya. Contohnya SPF 30, jika Anda masih beraktivitas di luar ruang, maka Anda perlu mengulang aplikasinya setiap 3 jam sekali.

Lama aktivitas

Sesuaikan pilihan sunblock dengan lamanya aktivitas Anda terpapar sinar matahari langsung. Jika Anda terpapar sinar matahari langsung lebih dari 15 menit–menyetir mobil, berolahraga air atau salju, berolahraga yang sangat berkeringat, mendaki gunung–maka Anda membutuhkan sunblock dengan kandungan minimal SPF 30 dan PA+.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement