Ahad 26 Apr 2015 15:24 WIB

Juli, Pagelaran Dieng Culture Festival VI Digelar

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Maman Sudiaman
Festival Dieng Culture 5 di Komplek Candi Arjuna Dieng, Jawa Tengah.   (foto: Wisnu Aji Prasetiyo)
Festival Dieng Culture 5 di Komplek Candi Arjuna Dieng, Jawa Tengah. (foto: Wisnu Aji Prasetiyo)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, kembali akan menggelar acara Festival Budaya Dieng (Dieng Culture Festival) VI. Koordinator Pokdarwis Dieng Pandawa, Alif Fauzi, menyebutkan festival ini akan digelar mulai tanggal 31 Juli 2015 hingga 2 Agustus 2015.

''Selama tiga hari, di kawasan Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng akan digelar berbagai pertunjukan seni tradisi, napak tilas keliling dataran tinggi Dieng, minum purwaceng bersama sebagai minuman khas Dieng, penerbangan balon udara, pagelaran musik 'Jazz Atas Awan', festival lampion, dan puncak acaranya berupa ritual pencukuran rambut anak gimbal,'' katanya, Ahad (26/4).

Menurutnya, meski kegiatan ini dilaksanakan pokdarwis Desa Dieng Kulon, pihaknya juga melibatkan kelompok warga dari 10 desa di kawasan dataran tinggi Dieng.  Hal ini karena wilayah dataran tinggi Dieng ini terbagi dalam dalam beberapa wilayah desa, yang bahkan terbagi dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

''Kami yang tinggal di dataran tinggi Dieng menganggap hal itu hanya merupaka masalah administratif mengenai batasan geografis saja. Dataran tinggi Dieng berikut peninggalan sejarah dan kebudayaannya, milik semua orang yang harus dijaga dan dilestarikan bersama-sama,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement