Selasa 21 Apr 2015 16:58 WIB

Tokyo Ciptakan Robot Resepsionis

Rep: C24/ Red: Ilham
Chichira, robot humanodi yang dipekerjakan di department store Jepang
Foto: Daily Mail
Chichira, robot humanodi yang dipekerjakan di department store Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Robot bernama Aiko Chihira diresmikan pada Senin (20/4) di lantai tujuh department store Mitsukoshi Nihombashi Tokyo. Sebuah department store Jepang memperkenalkan robot baru layaknya manusia kepada masyarakat.

Robot tersebut diprogram untuk membantu pelanggan menemukan jalan mereka di sekitar toko. The Mitsukoshi Nihombashi, department store di Tokyo mengatakan, robot tersebut dijuluki Aiko Chihira yang akan berfungsi sebagai resepsionis.

Robot yang diciptakan oleh Toshiba bekerjasama dengan Universitas Osaka Cerdas Robotics Laboratory menggunakan script yang telah diprogram untuk memberikan arah kepada pelanggan. Dia juga ditanami 43 mesin penggerak untuk memungkinkan dia memberi isyarat, berkedip, menggerakkan bibirnya, membuat ekspresi wajah, dan membuat gerakan lain ketika berbicara.

Para pejabat toko mengatakan, mereka berharap robot itu akan menarik pelanggan. Aiko Chihira bisa berkomunikasi dalam bahasa Jepang, Inggris, Cina, dan bahasa isyarat Jepang.

Pengembang mengatakan, mereka sedang bekerja untuk mengajarkan robot Korea. "Kami ingin menjadi multibahasa sehingga dapat digunakan selama 2020 Olimpiade di Tokyo," kata direktur penjualan Mitsukoshi Shintaro Yamamoto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement