Ahad 12 Apr 2015 08:51 WIB

Berselancar di Forum Jadi Ruang Masyarakat Cari Informasi

Peluncuran Xplor Foum
Foto: Republika/Hazliansyah
Peluncuran Xplor Foum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa sih yang nggak kenal forum? Sebagian besar masyarakat pastinya mengenal ruang interaksi di dunia maya ini. Melalui forum, penggunanya dapat berinteraksi dengan sesama pengakses.

Banyak hal yang kemudian bisa dibicarakan di dalam forum. Mulai dari obrolan ringan, diskusi tentang satu ketertarikan atau tema tertentu, forum tanya jawab hingga yang lagi tren belakangan ini, jual-beli.

Tak pelak berselancar di forum jadi satu gaya hidup tersendiri bagi masyarakat.

Melihat fungsinya yang begitu luas dan dekat dengan masyarakat, salah satu provider telekomunikasi Indonesia, XL Axiata meluncurkan sebuah forum yang diberi nama "Xplor Forum".

Rashad Javier Sanchez selaku Chief Brand & Customer Experience Officer XL mengatakan, forum tersebut akan memfasilitasi masyarakat dan pelanggan dalam memenuhi layanan digital. Selain itu menjadi tempat menjaring informasi dan berbagi informasi sehingga masyarakat, khususnya pelanggan lebih memahami dunia digital.

"Dunia digital telah banyak memberi perubahan, sekarang kalau mau mencari informasi tentang satu hal larinya ke internet atau bertanya di forum," kata dia.

Karena itulah, lanjut Rasyad, pihaknya menghadirkan satu platform yang dapat digunakan untuk berbagi informasi dengan cara menyenangkan.

Lebih lanjut Noviyus Kurniawan selaku VP Customer Experience XL menjelaskan, di dalam forum tersedia beragam ruang-ruang diskusi yang disesuaikan dengan ragam tema atau ketertarikan yang sedang berkembang di masyarakat. Diantaranya tentang internet, android, ios, windows phone, blackberry dan lain-lain.

"Juga ada ruang bagi komunitas film, fotografi, teknologi, kuliner, adventure, aplikasi dan open source, games serta toys collectibles," kata dia.

Berbeda dengan forum lainnya, selain secara online, forum ini juga akan terintegrasi secara offline. Dimana interaksi yang terjadi di dalam forum juga akan dibawa ke bentuk offline.

"Jadi semacam kopdar, seperti di konten movie kita nonton bareng Furious 7 dan ada diskusi setelahnya," kata dia.

Ia pun berharap selain sebagai sumber informasi, bagi XL sendiri forun dapat menjadi sarana menjaring ide, usulan juga aspirasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement