Jumat 10 Apr 2015 16:42 WIB

Inacraft, dari Batu Akik hingga Barang Antik

Rep: MGROL33/ Red: Winda Destiana Putri
Batu Akik
Foto: MgROL 35
Batu Akik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran International Handicraft Trade Fair (Inaraft) 2015 memang dimanfaatkan oleh berbagai UMKM untuk menjajakan produk-produk mereka. Berbagai kerajinan pun dihadirkan di pameran ini.

Salah satu produk yang tak mau kalah bersaing dengan kerajinan tangan lainnya adalah batu akik. Cukup mudah untuk menemukan stand batu akik, yang hampir disetiap sudut selalu terlihat. Meskipun sama, namun setiap stand berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Seperti halnya salah satu stand asal Kalimantan. Di stand ini dijual berbagai jenis batu akik untuk cincin dari Kalimantan dengan harga yang cukup menarik, yaitu mulai dari 1 juta rupiah hingga 12 juta rupiah.

Selain batu akik, stand ini juga menjual batu marmer kecubung yang memiliki diameter 100 cm x 40 cm dengan warna ungu didalamnya dengan harga yang cukup fantastis yaitu 450 juta rupiah. Harga ini sama dengan harga dua mobil Avanza.

Tidak hanya Kalimantan, stand asal Kota Sukabumi, Jawa Barat juga menghadirkan batu asal Sukabumi berjenis Lavender dengan diameter sekitar 1 meter, dengan harga 50 juta rupiah.

Selain batu akik di Pameran Inacraft 2015 juga terdapat stand yang menjajakan salah satu brand Radio jadul di Indonesia yaitu Cawang Art Radio. Meskipun produk-produk mereka terlihat seperti Radio Jadul alias Zaman dulu, tetapi produk ini terlihat unik.

Keunikan Radio Cawang terlihat dari motif-motif yang dihiaskan dibagian badan radio. Hiasan tersebut sangat kental dengan budaya nusantara, seperti halnya batik. Cawang sendiri mengatakan bahwa mereka telah menjadikan sebuah ikon yang mempresentasikan warisan budaya Indonesia di bidang industri kreatif.

Radio yang memiliki bentuk kotak-kotak ini dijual dengan harga yang sebanding dengan motif serta bentuk radionya, yaitu mulai kisaran 1,5 juta hingga sekitar 4 juta rupiah. Harga tersebut merupakan harga di Inacraft, berbeda dengan harga di Store resminya.

Memang pameran inacraft tidak hanya menjual produk-produk hasil kerajinan terbaru. Salah satu stand asal Semarang, JAwa Tengah Joglo Agung Gallery menjual berbagai alat rumah tangga antik. Seperti jam dinding, telepon, hingga mesin jahit. Meskipun barang-barang tersebut bukanlah barang baru melainkan barang-barang lama, namun harga barang tersebut sangat fantastis.

Seperti sebuah telepon analog yang masih diputar tanpa adanya nomor di jual dikisaran harga 3,7 juta rupiah. Telepon ini juga hanya dapat digunakan untuk menerima panggilan. Terdapat pula radio antik yang dijual sekitar 5 juta rupiah. Jika memang Anda sebagai kolektor barang-barang antik, Anda wajib datang ke Inacraft 2015, di Jakarta Convention Center (JCC), mulai tanggal 8 hingga 12 April 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement