Kamis 02 Apr 2015 03:35 WIB

Gurauan Terbaik April Mop Sepanjang Masa (2)

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
google april mop
Foto: google
google april mop

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan April Mop banyak dirayakan di negara luar. April Mop diindetikkan dengan memberi bualan kepada orang-orang sekitar. Berikut gurauan terbaik sepanjang masa seperti diberitakan laman News, Rabu (1/3).

1 April 1996

Taco Bell mengeluarkan iklan satu halaman penuh di enam surat kabar besar, New York Times, Washington Post, USA Today, Chicago Tribune, Dallas Morning News dan Philadelphia Inquirer. Taco Bell mengumumkan telah membeli Liberty Bell yang merupakan simbol kemerdekaan Amerika dan mengubahnya dengan nama Taco Liberty Bell. Selain iklan, Taco Bell juga mengeluarkan siaran pers nasional yang menyatakan bahwa Liberty Bell akan membagi waktu antara Philadelphia dan markas Taco Bell di Irvine, California.

Taco Bell mengatakan, dengan membeli Liberty Bell merupakan satu langkah lebih jauh karena mendapat salah satu harta bersejarah terbesar di negara itu. Perusahaan itu membual, "Taco Bell mewarisi citra dan simbolisme lonceng. Sekarang kita punya mahkota lonceng,".

Kemarahan langsung menyebar secara luas. Ratusan orang bahkan memenuhi Taman Bersejarah Nasional di mana bel tersebut berada untuk mengekspresikan kemarahannya dan membanjiri Taco Bell. Bahkan, kehebohan juga terjadi di Gedung Putih.

Sekretaris pers Mike McCury ketika ditanya tentang penjualan Liberty Bell menjawab bila Lincoln Memorial juga telah dijual. Sekarang, kata dia akan dikenal sebagai Ford Lincoln Mercury Memorial.

Pada tengah hari, Taco Bell mengeluarkan siaran pers yang kedua dan mengakui bila itu semua merupakan tipuan. Mereka juga menabahkan bila akan mendonasikan 50 ribu dolar untuk pelestarian Liberty Bell.

1 April 1974

Warga Sitka, satu-satunya kota di Alaska tenggara untuk melihat Gunung Edgecumbe. Gunung tersebut merupakan gunung berapi aktif selama 400 tahun yang berada di dekat Pulau Kruzof. Gunung tersebut terlihat seolah-olah akan meletus dengan adanya asap tipis hitam dari kawah. Sebanyak 800 warga tumpah keluar dengan rasa tak percaya dan terkejut.

Oliver 'Porky' Bickar juga turut menghasut lelucon tersebut. Ia membiarkan otoritas penerbangan dan polisi melakukan tipu muslihat, tapi lupa memberitahu Coast Guard yang berada di Sitka.

Komandan Coast Guard melalui radio Laksamana di Juneau, Alaska memerintahkan pengiriman helikopter untuk menyelidiki kepanikan tersebut. Pilot dari Coast Guard mendekati Gunung Edgecumbe dan melihat asap. Ketika helikopter berada di atas gunung berapi, ia melihat ke kawah. Pada awalnya, ia tidak percaya dengan apa yang dilihatnya. Lalu saat melihat lebih dekat, ia pun tertawa.

Di dekat kawah tersebut, terdapat tumpukan ban bekas yang dibakar dengan minyak tanah. 15 meter dari ban juga terdapat tulisan "April Fool" yang ditulis penuh warna di atas salju.

Bickar (50 tahun) telah menunggu selama tiga tahun untuk 1 April. Ketika akhirnya datang pada 1974. Ia membuat rencananya dengan matang. Pilot setempat, Earl Walker terbang dan menjatuhkan 70 ban mobil tua ke kawah, menyiramnya dengan minyak tanah hingga menimbulkan asap.

Kabar tersebut diangkat oleh Associated Press dan menyebar di surat kabar seluruh dunia. Tahun berikutnya, Alaska Airlines membuat tipuan untuk iklannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement