Rabu 01 Apr 2015 14:26 WIB

Lakukan Ini Agar Anda Fokus Mengemudi

Perempuan mengemudi
Foto: pixshark
Perempuan mengemudi

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang yang menganggap pengemudi paling berbahaya adalah anak muda yang tidak bisa berhenti mengirim SMS saat berkendara, perlu berpikir ulang soal itu. Faktanya, peneliti dari AAA Foundation for Traffic Safety Amerika Serikat, pada tahun 2009, menemukan bahwa penumpang anak-anak berpotensi menjadi gangguan bagi pengemudi empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan penumpang dewasa, sementara bayi membuat pengemudi delapan kali lipat lebih sulit berkonsentrasi.

Telepon genggam bukanlah satu-satunya benda yang memecah konsentrasi pengemudi, meskipun korelasi itu yang paling banyak diteliti. Pew Internet & American Life Project melaporkan bahwa 61 persen orang dewasa secara rutin berbicara di telepon saat mengemudi, sementara studi lain mengungkap angka yang jauh lebih tinggi yaitu 80 persen.

Dan 17 persen subjek dalam penetian Pew mengaku pernah terlalu fokus pada telepon sehingga mereka menabrak benda atau seseorang. Berbicara di telepon meningkatkan kemungkinan kecelakaan empat kali lipat, tapi mengirim SMS membuat risiko tabrakan naik 23 kali lipat. Bahkan makan di belakang kemudi adalah ancaman serius.

Agar konsentrasi Anda tidak terganggu saat mengemudi, simak tip berikut ini, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Biarkan anak makan atau mengudap sebelum bepergian

Mendiamkan anak dengan jus dalam kemasan akan membuat mereka meminta makanan di dalam kendaraan yang membuat perhatian Anda terpecah. Anda juga disarankan makan di rumah. Minum dan makan sambil mengemudi dikaitkan dengan angka kecelakaan yang lebih tinggi.

Tidak menyentuh elektronik

Sebelum masuk ke dalam mobil, matikan telepon genggam, dan letakkan di jok belakang, di laci, atau bahkan di bagasi. Jika Anda harus tetap menyalakan telepon, gunakan nada dering khusus untuk menandai panggilan yang harus Anda jawab, misalnya panggilan dari pengasuh atau dari anak Anda. Katakan kepada orang lain bahwa Anda tidak bisa mengangkat telepon saat sedang mengemudi.

Berjanjilah bahwa Anda tidak akan menyentuh perangkat elektronik lain, seperti GPS atau pemutar DVD, kecuali Anda menepi. Katakan dengan jelas, “Mama tidak bisa menyentuh benda itu saat sedang mengemudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement